Ilustrasi (JIBi/Harian Jogja/UEFA) Ilustrasi (JIBi/Harian Jogja/UEFA)
Jumat, 15 April 2016 08:10 WIB JIBI/Solopos.com Trivia Share :

Serba Serbi Piala Eropa Prancis 2016

Piala Eropa 2016 segera bergulir.

Solopos.com, SOLO – Pecinta sepak bola dunia akan dimanjakan dengan turnamen Piala Eropa 2016. Ajang ini merupakan turnamen sepak bola antarnegara di Benua Eropa. Meski hanya lingkup Eropa, turnamen ini kerap menyedot perhatian seluruh dunia.

Pada tahun 2016 ini, Prancis yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Pemilihan Prancis sebagai tuan rumah Piala Eropa 2016 itu dilakukan di Jenewa, Swiss, 28 Mei 2010 silam. Bagi Prancis ini adalah kali ketiga ia menjadi tuan rumah Piala Eropa.

Piala Eropa 2016 ini juga terasa sangat spesial karena untuk kali pertama turnamen ini diikuti 24 tim di putaran final. Sejak mulai diselenggarakan pada 1960 silam, Eruo memang telah mengalami beberapa perubahan dalam segi jumlah peserta di putaran final. Pertama diikuti empat tim, kemudian delapan tim, dan 16 tim.

Euro 2012 yang dimenangi Spanyol empat tahun lalu menjadi Euro terakhir yang diikuti 16 tim di putaran final. Itu sesuai dengan keputusan yang dilakukan oleh Presiden Eksekutif UEFA pada September 2008 silam. Seiring dengan bertambahnya jumlah tim yang akan bertanding, stadion untuk berlaga pun juga ikut bertambah.

Prancis sebagai tuan rumah pun telah menyiapkan sebanyak 10 stadion untuk menggelar pertandingan. Stadion-stadion tersebut adalah Stade de France di Saint-Denis, Stade de Lyon di Lyon, Stade Velodrome di Marseille, Stade Pierre-Mauroy di Lille, Stade de Bordeaux di Bordeaux, Stade de Nice di Nice, Parc des Princes di Paris, Stade Bollaert-Delelis di Lens, Stade Geoffroy-Guichard di Saint-Etienne, dan yang terakhir Stadium de Toulouse di Toulouse.

Berikut serba-serbi Piala Eropa 2016 seperti dikutip Solopos.com dari situs resmi UEFA, Uefa.com.

LOGO

Setiap turnamen sepak bola selalu memiliki logo, termasuk Euro 2016. Bahkan logo menjadi salah satu hal yang penting dan selalu diluncurkan pertama sebelum slogan dan maskot. Logo Euro 2016 kali ini diambil dari tema tahun ini, yaitu Celebrating The Art of Football atau Merayakan Seni Sepak Bola.

Logo tersebut bertujuan untuk menyatukan kreativitas yang mencerminkan budaya Prancis dengan keindahannya bermain sepak bola. Logo tersebut menunjukan identitas Euro 2016 yang mudah dikenali sehingga dapat meningkatkan prestis sebagai salah satu acara olahraga terbesar di dunia. Desain logo tahun ini diresmikan di Paris Pavillon Cambon Capucines pada 26 Juni 2013 silam.

Logo Euro 2016 dinaungi oleh Brandia Central, salah satu agensi asal Portugal, yang juga bertugas membuat Logo Euro 2012 silam. Logo Euro 2016 itu merupakan representasi dari berbagai gerakan seni dan elemen sepak bola. Design logo tersebut menggunakan berbagai inspirasi yang berbeda supaya dapat menonjolkan identitas asli turnamen Euro itu sendiri.

Melalui logo tersebut diharapkan semua berpusat pada ikon Euro yaitu, Trofi Henri Delaunay. Logo itu menggunakan warna merah, putih dan biru, yang merupakan warna dari bendera Prancis. Ketiga warna itu digabungkan menjadi garis dan bentuk yang menghasilkan gaya kontemporer dan juga berani, sehingga membuat logo terlihat berbeda dan indah.

SLOGAN

Slogan turnamen Euro 2016 kali ini adalah Le Rendez-Vous yang juga berarti Janji. Le Rendez-Vous bermakna suatu janji yang direncanakan untuk bertemu di suatu tempat. Slogan tersebut bertujuan untuk memunculkan sebuah perasaan yang menunjukan pentingnya turnamen Euro tersebut. Slogan itu juga dibuat agar turnamen Euro dapat sukses dan tak akan ada orang yang melewatkannya.

Slogan Euro 2016 (UEFA.com)

Slogan Euro 2016 (UEFA.com)

Slogan Euro tersebut juga tidak lepas dari tema Euro 2016 itu sendiri. Slogan itu dirasa cocok dan pas ketika disandingkan dengan logo Euro 2016. Slogan tersebut pertama kali diserukan pada 17 Oktober 2013 di balai kota Marseille.

Makna lain dari slogan tersebut adalah ketika 24 negara bertemu dan menyajikan lebih dari 51 pertandingan, selama itu pula mata dunia akan tertuju pada turnamen yang menyuguhkan pertandingan terbaik dari kancah Eropa. Selain itu, pertandingan Euro 2016 akan diselenggarakan di sepuluh kota yang tersebar di Prancis, dirasa mampu untuk mengungkapkan beberapa aspek budaya dan warisan yang dimiliki oleh negara yang memiliki julukan Kota Mode itu.

Penonton yang memberikan dukungannya pada pertandingan Euro akan mampu merasakan semua emosi yang tercipta. Semua emosi itu dapat dirasakan mulai dari stadion yang baru maupun stadion yang telah direnovasi.

MASKOT

Seperti turnamen-turnamen Euro sebelumnya, Piala Eropa 2016 juga sudah menghadirkan maskot. Maskot itu sendiri menjadi simbol bahwa sebuah negara merasa beruntung beruntung ditunjuk sebagai tuan rumah.

Super Victor (UEFA.com)

Super Victor (UEFA.com)

Selain itu fungsi maskot tersebut juga untuk lebih memperkenalkan Euro kepada masyarakat luas. Kali ini Prancis yang merupakan tuan rumah Piala Eropa 2016 memilih Super Victor untuk mewakili negara mereka. Super Victor pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 18 November 2014 lalu.

Sebelumnya maskot tersebut belum memiliki nama resmi. Namun setelah dilakukan voting secara online, nama Super Victor berhasil mencuri hati para penggemar, mengalahkan nama-nama alternatif lainnya, Driblou, dan Goalix. Dari 107.790 orang yang mengikuti voting, Super Victor menang dengan total 48 % suara (51.781 orang), diikuti Driblou 25 % suara (29.331 orang) dan Goalix 27 % suara ( 26.678 orang).

Super Victor digambarkan sebagai anak super yang mempunyai kekuatan ajaib seperti superhero. Dia juga mempunyai hobi bermain sepak bola. Victor lahir di salah satu kota kecil di Prancis. Ayahnya adalah mantan pemain sepak bola profesional. Menurut Victor yang terpenting dalam bermain sepak bola adalah bersenang-senang dan bermain dengan adil. (Claudia Noventa/JIBI/Solopos.com)

lowongan pekerjaan
Bank Syariah Dana Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…