News
Jumat, 15 April 2016 - 18:00 WIB

Pesawat Kalstar Terbakar Sesaat Setelah Lepas Landas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Pesawat Kalstar terbakar sesaat setelah lepas landas di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Solopos.com, BANJARBARU — Mesin pesawat maskapai Kalstar terbakar sesaat setelah mengudara dari Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sehingga pesawat udara itu mendarat darurat, Jumat (15/4/2016).

Advertisement

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan, di Banjarbaru, Jumat, mengatakan, percikan api berasal dari sayap kiri pesawat. “Pesawat tinggal landas pukul 11.54 WITA namun empat menit atau 11.58 WITA pesawat kembali karena ada percikan api di mesin nomor satu, sayap kiri pesawat,” ujarnya, Jumat (15/4/2016).

Menurutnya, saat percikan api terlihat di sayap kiri pesawat terbang, pilot Richard Jerry meminta izin petugas pengawas udara untuk kembali ke bandara tersebut. Pesawat terbang yang sempat mengudara empat menit itu mendarat darurat dengan kondisi mesin nomor 1 mati sehingga diturunkan kendaraan dan petugas penyelamat.

“Saat pesawat mendarat status bandara siaga II dan dua uni mobil pemadam, ambulance, dan bus untuk mengangkut penumpang juga kami turunkan,” ucapnya dikutip Solopos.com dari Antara.

Advertisement

Menurut dia, pendaratan berjalan mulus dan pesawat terbang komuter jenis ATR 72-500 yang mengangkut 34 penumpang tujuan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, itu ditempatkan di apron 8. “Seluruh penumpang selamat meski mengalami shock dan empat orang yang mengalami luka ringan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” ujarnya.

Distrik Manager Airnav Bandara Syamsudin, Noor Karno, mengatakan, pesawat terbang KalStar gangguan mesin sesaat setelah mengudara dan pilot memilih kembali ke bandara. “Pilot sempat berucap ‘mayday-mayday‘ dan menyampaikan ada gangguan mesin, sehingga memilih kembali ke landasan pacu,” ucap Noor.

Saksi mata di lokasi kejadian sempat melihat pesawat terbang komuter ATR-72-500 itu terbang rendah dan berputar di atas bandara dengan suara menderu cukup keras menuju landasan pacu. “Suara pesawatnya cukup keras saat terbang rendah dan mau berputar menuju landasan. Mungkin karena mesinnya mati,” ucap warga di areal belakang bandara itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif