Jogja
Jumat, 15 April 2016 - 12:20 WIB

PENYULUH SWADAYA : Sanden Berdayakan Penyuluh Pertanian Swadaya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TANAMI DEMPLOT -- Penyuluh pertanian dan kelompok tani Kalijambe, Sragen menanami demplot dengan kacang tanah, Jumat (29/6/2012). Rencananya demplot yang berukuran 2.000 meter persegi itu akan dijadikan sebagai lahan percontohan pengembangan tanaman pepaya. (JIBI/SOLOPOS/Nenden Sekar Arum)

Penyuluh swadaya akan diberdayakan untuk mendorong pembangunan sektor pertanian

Harianjogja.com, BANTUL– Kecamatan Sanden Bantul kini tengah memberdayakan penyuluh pertanian swadaya untuk mendorong pembangunan di sektor pertanian.

Advertisement

Selama ini, penyuluh pertanian hanya diisi dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL). Penyuluh pertanian swadaya diharapkan dapat membantu tugas penyuluh PNS dan THL yang selama ini telah bekerja di sektor pertanian.

Pemberdayaan penyuluh pertanian swadaya tersebut mengemuka dalam rapat koordinasi Penguatan Kelembagaan Penyuluh Kecamatan Sanden di Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BP3K) Kecamatan Sanden, Rabu (13/4/2016) lalu.

“Penyuluh pertanian swadaya juga dapat mengusulkan kegiatan di tingkat dusun melalui musyawarah dusun,” terang Sekretaris Camat (Sekcam) Sanden Rudi Suharto, Rabu (13/4/2016).

Advertisement

Sementara itu dalam rakor tersebut, para pihak juga sepakat memperkuat kapasitas kelembagaan penyuluhan. Mengembangkan kelembagaan di sektor ekonomi, mendampingi kelompok tani di sentra produksi pangan dan menjadikan BP3K sebagai Posko Pelaksana Pembangunan Pertanian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif