Ilustrasi sabu-sabu. (JIBI/Solopos/Reuters) Ilustrasi sabu-sabu. (JIBI/Solopos/Reuters)
Jumat, 15 April 2016 20:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

NARKOBA JOGJA
Bawa Sabu-Sabu 7 Ons, Perempuan Warga Nigeria Dibekuk di Hotel

Narkoba Jogja terungkap di Malioboro

Solopos.com, JOGJA-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menangkap seorang perempuan warga Nigeria berinisial NL, 35 di sebuah hotel sekitar Malioboro, karena disangka menjadi kurir narkotika. BNNP juga menyita sabu-sabu seberat 688,7 atau 7 ons kurang yang disembunyikan di atas pendingin ruangan hotel.

“Tersangka NL sampai saat ini masih dalam proses pemeriksaan,” kata Kepala BNNP DIY, Komisaris Besar Polisi Soetarmo dalam jumpa pers di kantor BNNP DIY, Jumat (15/4/2016).

Soetarmono mengatakan penangkapan NL dilakukan Kamis (14/4/2016) sore, sekitar pukul 16.00 WIB. Ia ditangkap beberapa jam setelah penangkapan tiga tersangka lainnya di sebuah apartemen di Karawaci, Tangerang oleh tim BNN pusat yang memperoleh sabu-sabu dari NL.

Menurut Soetarmono, informasi NL membawa narkotik sudah diketahui sejak dari Bandara Soekarno Hatta. NL yang membawa narkotika dari Afrika Selatan kemudian transit di Bandara Singapura sebelum menuju Bandara Soekarno Hatta dan melanjutkan perjalanan ke Jogja.

Namun, hasil kerjasama BNN dan Kantor Bea Cukai, NL sengaja dibiarkan dengan alasan untuk mengungkap jaringannya.

“BNN bekerjasama dengan BNNP DIY dan Kantor Bea Cukai DIY telah mendeteksi keberadaan barang [sabu-sabu] tersebut dan penyerahan dibawah pengawasan dengan pertimbangan untuk menangkap jaringan diatasnya,” papar Soetarmono.

Setelah NL turun dari Bandara Adisucipto, petugas Bea Cukai pun membiarkan NL membawa sabu-sabu dalam kopernya yang sudah diketahui petugas tersebut. BNN dan Bea Cukai pun terus mengawasi gerak-gerik NL sampai masuk sebuah hotel di Jalan Dagen, Jogja dan menginap di hotel tersebut.

Upaya itu pun berhasil. Tak lama setelah mengawasi NL, ada seorang laki-laki berinisla A yang mengambil sabu-sabu dari NL. Petugas pun membagi tim, satu tim mengikuti A yang pergi ke Jakarta melalui jalur Kereta Api, dan tim lainnya mengawasi NL.

Tersangka A menuju sebuah apartemen di Karawaci, Tangerang menemui dua orang berinisial I dan D. Mereka pun digrebek bersama oleh BNN pusat.

“Petugas BNN pusat bekerjasama dengan BNNP DIY langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka NL,” papar Soetarmono.

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….