Jogja
Jumat, 15 April 2016 - 21:20 WIB

BANJIR BANTUL : Genangan Air di JEC karena Irigasi Tertutup Plat Beton

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Genangan air tutupi jalanan Kota Surabaya, Minggu (15/3/015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Banjir Bantul terjadi di kawasan JEC, diduga penyebabnya karena saluran irigasi tertutup plat beton

Harianjogja.com, BANTUL– Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Bantul sudah menerima laporan terkait genangan air di sekitar Jogja Expo Center (JEC).

Advertisement

Kepala Seksi Jaringan Irigasi Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Bantul, Yitno mengatakan memang sempat ada laporan yang masuk ke dinas.

“Namun sebelumnya ada salah satu pihak pembangun hotel yang jaraknya tidak jauh dari situ, akan membuat saluran irigasi namun sepertnya setelah dibuat fungsinya tidak maksimal,” katanya, Jumat (15/4/2016).

Ia menyebutkan kebijakan irigasi di wilayah tersebut merupakan kewenangan Balai PSDA DIY, bukan termasuk kebijakan Dinas SDA Kabupaten Bantul.

Advertisement

Ia juga menambahkan selama beberapa kali dinas melakukan pantuan memang benar saluran irigasi di wilayah tersebut banyak yang tertutup oleh plat beton. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan saat terjadi hujan deras jalanan akan tergenang air.

“Airnya memang seharusnya mengalir ke saluran Irigasi, namun karena plat beton menutup saluran jadi air ya hanya menggenang di jalan,” ujar Yitno.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif