Logo Whatsapp (Ubergizmo) Logo Whatsapp (Ubergizmo)
Jumat, 15 April 2016 00:00 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Detik Internet Share :

APLIKASI SMARTPHONE
Jumlah Pesan Whatsapp+Facebook Messenger Tembus 60 Miliar

Aplikasi smartphone Whatsapp dan Facebook memiliki jumlah pesan mencapai 60 miliar per hari.

Solopos.com, SOLO — Dengan jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta akun, aplikasi smartphone Whatsapp adalah jawaranya layanan pesan instan. Bersama Facebook Messenger dua layanan milik Mark Zuckerberg itu memiliki pesan lebih dari 60 miliar setiap hari.

Dalam pengumuman di situs resmi Facebook, tak tanggung-tanggung, jumlah pesan yang melintas di aplikasi smartphone Whatsapp itu bisa mencapai 60 miliar pesan per hari.

Tapi sebenarnya itu tak sepenuhnya punya Whatsapp. Data tersebut merupakan gabungan dari lalu-lintas pesan yang melalui  aplikasi smartphone Whatsapp dan Facebook Messenger. Sayang tak ada data spesifiknya, meski demikian sangat mungkin adalah Whatsapp yang paling mendominasi dari angka 60 miliar pesan per hari tadi.

Kalau berkaca pada data yang juga pernah dibeberkan Facebook di bulan Januari 2016 lalu, peredaran pesan aplikasi smartphone Whatsapp ketika itu sudah mencapai 30 miliar pesan dalam sehari. Jadi seharusnya saat ini jumlahnya lebih tinggi dari itu.

Apalagi jumlah pengguna aplikasi smartphone Whatsapp sekarang telah menyentuh 1 miliar akun yang aktif setiap hari. Walau Facebook Messenger juga sebenarnya tak kalah banyak, penggunanya sudah tembus 900 juta pengguna aktif.

Bagaimana kalau dibandingkan dengan jumlah pesan SMS yang dikirim setiap harinya? Tak disangka pengguna SMS nyatanya masih cukup tinggi, karena Facebook membeberkan kalau dalam sehari bisa ada 20 miliar pesan yang dikirimkan. Namun, Facebook memprediksi jumlahnya akan semakin menurun seiring makin meningkatnya penggunaan smartphone secara global.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…