Ilustrasi tes urine (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi tes urine (JIBI/Solopos/Antara)
Kamis, 14 April 2016 09:20 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

TES URINE
Antisipasi Anggota Terlibat Narkoba, Razia Digelar Rutin

Tes urin digelar secara mendadak di Sleman.

Solopos.com, SLEMAN – Tes urine dilakukan secara mendadak di Polres Sleman Rabu (13/4/2016). Dari tes ini, dua anggota dinyatakan positif benzodiazepine karena usai mengonsumsi obat. Tes urine tersebut juga diikuti sejumlah pimpinan daerah di Sleman.

Kapolres Sleman AKBP Yuliyanto mengaku tes itu dilakukan secara mendadak. Petugas BNNP DIY baru dihubungi saat pagi hari agar tidak bocor kepada anggota. Bahkan proses pengumpulan anggota diinformasi untuk diberikan pengarahan. Tes urine itu, kata dia, bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya personel yang terlibat narkoba.

“Kalau ada [anggota] yang menyalahgunakan tentu efeknya banyak, kinerja malas dan karena barang itu mahal. Pasti akan melakukan bagaimana caranya akan dapat barang itu, bisa melakukan penyelewengan anggaran atau pinjam kiri kanan, bisa jadi seperti itu,” terangnya.

Meski ada dua anggota yang dinyatakan positif, ia menjamin seluruh anggota Polres Sleman bersih dari narkoba. Karena dua yang positif benzo tersebut usai minum obat resep dari dokter. Seandainya, kata Yuli, ada anggota yang terlibat narkoba utamanya sebagai pemakai maka akan diupayakan rehabilitasi. Namun proses hukum seperti penindakan disiplin tetap berjalan.

“Ke depan kita akan lakukan ini secara acak dan tanpa pemberitahuan,” tegasnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…