Otomotif
Kamis, 14 April 2016 - 13:00 WIB

SEPEDA MOTOR HONDA: Siap-Siap, Honda Hadirkan Jok dan Footstep Canggih di 2017

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paten mekanis jok Honda VFR1200F. (Morebikes.com)

Sepeda motor Honda segera dibekali jok dan footstep adaptif.

Solopos.com, TOKYO – Sepeda motor Honda di masa depan bakal makin canggih. Bukan hanya pada mesin, Honda Motor Corp juga akan menanamkan teknologi pada jok dan pijakan kaki (footstep). Apa gunanya?

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Morebikes, Rabu (13/4/2016), jok sepeda motor Honda di masa depan dapat berubah bentuk secara otomatis sesuai kecepatan, kondisi jalan, maupun momentum saat pengereman.

Ketika kecepatan tinggi, seperti diterangkan Honda dalam patennya, komponen mekanis di dalam jok akan bergerak secara otomatis dan merubah bentuk jok supaya mencengkeram posisi duduk pengendara maupun pembonceng.

Sedangkan ketika kecepatan normal, bentuk jok akan kembali seperti semula. Kemampuan adaptif itu disebut-sebut membuat motor lebih aman dan nyaman ketika dikendarai.

Advertisement

Selain jok, teknologi serupa juga dibenamkan Honda pada footstep. Baik footstep untuk pengendara maupun pembonceng, masing-masing pada sisi kanan-kiri dibekali dinamo kecil yang tersambung dengan sensor kemiringan.

Ketika motor menikung ke kanan, footstep sebelah kanan akan naik beberapa derajat secara otomatis. Hal serupa juga terjadi pada footstep sebelah kiri ketika motor miring ke arah kiri. Tujuannya supaya motor bisa menikung dengan sudut tajam tanpa terjadi gesekan antara footstep dengan aspal.

Meski begitu belum jelas motor apa saja yang akan mengusung fitur canggih yang kabarnya akan diperkenalkan pada 2017 itu. Tetapi dalam paten tersebut tampak sepeda motor yang digunakan adalah Honda Big Bike VFR1200F dan Gold Wing.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif