Warga membongkar bangunan rumah dan kios di kawasan Pasar Ikan Luar Batang, Jakarta, Minggu (10/4/2016). Sebanyak 315 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kawasan Luar Batang RW 04, Kelurahan Penjaringan siap direlokasi ke rumah susun Rawa Bebek, Rusunawa Kapuk Muara dan Rusunawa Marunda. (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa) Warga membongkar bangunan rumah dan kios di kawasan Pasar Ikan Luar Batang, Jakarta, Minggu (10/4/2016). Sebanyak 315 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kawasan Luar Batang RW 04, Kelurahan Penjaringan siap direlokasi ke rumah susun Rawa Bebek, Rusunawa Kapuk Muara dan Rusunawa Marunda. (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)
Kamis, 14 April 2016 21:30 WIB Asteria Desi Kartika Sari/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

PEMBONGKARAN PASAR IKAN
"Manusia Perahu" di Penjaringan akan Dipindahkan ke Rusun Marunda

Pembongkaran Pasar Ikan, Penjaringan, masih menyisakan sebagian warga yang masih bertahan di perahu-perahu. Mereka ditawari pindah ke Marunda.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin memberikan sejumlah fasilitas kepada para nelayan di pemukiman Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan memindahkan nelayan ke rusun Marunda.

“Dekat Rusun Marunda ada Kali Banjir Kanal Timur. Itu kan dekat juga. Di rusun anak nelayan dijemput bus sekolah, terus naik bus enggak bayar. Mau bercocok tanam juga kami buat akuaponik, kata Ahok di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Pemindahan tersebut hanya berlaku pada nelayan korban penggusuran yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Apabila mereka bukan warga Jakarta dan tidak memiliki pekerjaan, mereka diminta untuk kembali ke daerah asal.

Meski begitu, apabila mereka membutuhkan modal usaha, Pemprov DKI Jakarta bersedia untuk membantu memberikan modal. “Bisa saya pinjamkan modal Rp5 juta sampai Rp10 juta,” kata Ahok.

Selain itu, di Marunda, Ahok juga telah menyiapkan rumah susun kepada warga korban gusuran di rumah susun Kepulauan Seribu. Saat ini, beberapa warga Pasar Ikan yang tergusur pada Senin (11/4/2016) lalu sudah tinggal di Rumah Susun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur

Namun sampai saat ini masyarakat nelayan merasa tidak nyaman tinggal di rumah susun. Karena itu mereka memilih untuk tinggal di perahu di pinggir laut lantaran rumah susun yang diberikan sempit dam minim fasilitas.

lowongan pekerjaan
PT Saka Jaya Enggal Cipta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…