Ford Mustang dihadirkan Nusantara di IIMS 2016. (Dapurpacu.com)
Kamis, 14 April 2016 13:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 4 Share :

PAMERAN IIMS 2016
Bikin Kejutan, Ford Datangkan Mustang 2.3 Ecoboost

Pameran IIMS 2016 dikejutkan oleh kehadiran Ford Mustang.

Solopos.com, JAKARTA – Meski tanpa dukungan PT Ford Motor (FMI), diler Nusantara Ford tetap sukses mengejutkan pengunjung pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Kemayoran, Jakarta.

Sebab mobil yang dihadirkan Nusantara di pameran IIMS 2016 adalah seekor Ford Mustang. Bukan hanya dipajang, mobil yang menjadi ikon Ford Motors di Amerika Serikat itu juga dapat dibeli jika konsumen berminat.

Mobil sport itu dijual seharga Rp1,6 miliar. Menariknya, harga tersebut sudah berstatus on the road Jakarta dan tidak perlu inden. Disebutkan Ford Mustang di Indonesia hadir dalam beberapa pilihan warna, namun yang dipamerkan Nusantara hanya warna merah.

”Sengaja kami bawa Mustang untuk menarik konsumen. Ini ready stock, kami punya enam unit yang tersedia di diler. Di IIMS kami cuma pajang yang warna merah, tapi ada juga warna lain seperti hitam dan putih,” ungkap seorang tenaga penjual Nusantara Ford seperti dilansir laman Dapurpacu, Selasa (12/4/2016).

Ia juga menyebut bahwa Ford Mustang yang pamerkan di IIMS 2016 itu dibekali mesin DOHC 2.300 cc empat silinder Ecoboost dan dirilis perdana tahun lalu.

Dikutip Solopos.com dari laman Caranddriver, mesin Mustang 2.3 Ecoboost menjanjikan tenaga sebesar 310 hp pada putaran 5.500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya bisa tembus 433,8 Nm yang dapat dirasakan mulai 3.000 rpm.

Mesin yang dibangun dengan sebagian besar komponen berbahan aluminium itu dipadukan dengan penggerak roda belakang. Tenaga dan torsi disalurkan sempurna lewat transmisi manual enam perepatan.

Dalam waktu 5,5 detik, Mustang mampu menyelesaikan akselerasi 0-100 km/jam. Jika ditambah 7,8 detik lagi, kecepatannya bisa mencapai 160 km/jam. Kendati demikian kecepatannya dibatasi hanya sampai 238,1 km/jam.

Meski begitu tidak disebutkan dari mana Ford Mustang itu didatangkan. Tetapi melihat lingkar setir yang terletak di sebelah kanan, kemungkinan besar itu adalah unit yang diproduksi di Australia.

Langkah diler Nusantara menghadirkan mobil Ford Mustang di pameran IIMS 2016 sepertinya dilakukan untuk menyindir FMI. Sebab selama menjalankan bisnisnya di Tanah Air, FMI belum pernah sekalipun menghadirkan mobil tipe sport.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…