News
Kamis, 14 April 2016 - 14:45 WIB

MOST POPULAR YOUTUBE : Tutorial Membuat Vacuum Cleaner dari Botol Bekas

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Vacum cleaner dari botol bekas. (Istimewa/Youtube)

Most popular Youtube kali ini menghadirkan rekaman tutorial membuat vacuum cleaner dari botol bekas.

Solopos.com, SOLO – Video tutorial membuat penyedot debu (vacuum cleaner) dari botol bekas telah menyedot perhatian dunia. Video yang dibuat akun Youtube asal Indonesia itu ditonton jutaan kali.

Advertisement

Akun Youtube Navin Khambala membuat video berjudul Bagaimana membuat vacuum cleaner menggunakan botol. Video di laman https://www.youtube.com/watch?v=jkQsBD5WtDo yang diunggah 7 April 2016 telah ditonton 4 juta kali.

Video itu memperlihatkan cara membuat vacum cleaner dengan barang-barang bekas. Dalam penjelasannya disebutkan untuk membuat vacuum cleaner hanya dibutuhkan beberapa botol bekas seperti botol minum bekas berukuran 1 liter, kaleng bekas, selang, double tape tebal, dan beberapa lain bantu lain seperti gunting dan pisau kater.

Langkah awal yang perlu dilakukan ialah memotong botol menjadi dua, dan di sisi lain, potonglah kaleng pada bagian atas dan bawah, rentangkan. Ukur lempengan kaleng menggunakan bulatan dari botol minum yang telah dipotong, yang nantinya akan digunakan untuk baling-baling.

Advertisement

Untuk membuat menjadi baling-baling, Anda perlu membuat garis-garis pada lempengan kaleng seperti di bawah ini.

Setelah itu, pasang dynamo pada baling-baling kaleng itu, kemudian masukkan ke dalam bagian bawah botol minuman yang sudah dibelah menjadi dua. Setelah itu, berilah pemisah dalam botol untuk menyaring debu, caranya dengan memberikan saringan di antara bagian bawah botol dan bagian depan.

Jika itu semua telah dilakukan, tinggal berikan sentuhan seperti selang di ujung corong botol, dan menambahkan genggaman pada bodi botol.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif