Suporter Dortmund (This Is Anfield)
Kamis, 14 April 2016 04:10 WIB Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos Internasional Share :

LIGA EUROPA 2015/2016
Tandang ke Anfield, Fans Dortmund Ikut Kenang Tragedi Hillsborough

Liga Europa 2015/2016 akan mempertemukan Liverpool melawan Borussia Dortmund.

Solopos.com, LIVERPOOL — Borussia Dortmund memang bakal berduel dengan Liverpool di Stadion Anfield untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal Liga Europa, Jumat (15/4) dini hari WIB. Meskipun bertarung di lapangan hijau, fans tim tamu tetap menaruh hormat dengan ikut memperingati tragedi Hillsborough yang terjadi tepat 15 April 1989 silam.

Insiden sepak bola yang terjadi di Hillsborough, markas Sheffield Wednesday, tersebut menewaskan sebanyak 96 fans Liverpool. Saat itu The Reds, julukan Liverpool, tengah melakoni partai semifinal FA Cup kontra Nottingham Forest.

Suporter fanatik Die Borussen, julukan Dortmund, sebanyak 3.000 orang bakal berbondong-bondong tandang ke Anfield. Demi menghormati korban peristiwa Hillsborough, mereka akan menampilkan koreografi mosaik berbentuk angka 96 dengan bendera kuning dan hitam, khas Dortmund. Angka ini merujuk pada jumlah korban tewas saat tragedi tersebut terjadi.

Ya, memang pertandingan leg kedua perempat final Liga Europa ini bertepatan dengan 27 tahun insiden di Kota Sheffield tersebut. Fans tim tamu juga diundang untuk ikut menghadiri upacara peringatan tahunan yang digelar di Anfield, Jumat sore.

“Sebuah koreografi dengan kertas disiapkan untuk membikin tulisan angka 96 yang bakal berwarna hitam dan kuning,” rilis Dortmund dalam situs resmi Bvb.de dilansir Theindependent.co.uk, Rabu (13/4/2016).

Dortmund dan Liverpool sepakat untuk menggaungkan lagu kebangsaan The Reds, You’ll Never Walk Alone di Anfield. Mereka juga akan mengheningkan cipta sejenak sebelum kick off untuk memperingati peristiwa memilukan yang merenggut 96 nyawa fans karena saling berjejalan hingga mengakibatkan rusuh di stadion.

Ini bukan kali pertama suporter Die Borussen ikut memperingati tragedi ini. Pada peringatan ke-24 insiden Hillsborough, mereka secara khusus menyanyikan lagu You’ll Never Walk Alone saat akan melakoni pertandingan DFB Pokal kontra Wolfsburg. Laga ini disaksikan sebanyak 80.000 penonton.

Di leg pertama yang digelar pekan lalu juga jadi laga emosional bagi manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Klopp untuk kali pertama kembali menjejakkan kaki di Signal Iduna Park sejak meninggalkan stadion di Westphalia ini setelah mengabdi delapan musim bersama Dortmund sebagai pelatih.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…