Jogja
Kamis, 14 April 2016 - 04:20 WIB

KULINER GUNUNGKIDUL : 1.001 Sompil Diperkenalkan, Atraksi Kesenian Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Padmi menyajikan sompil yang merupakan makanan khas Kecamatan Patuk. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Kuliner Gunungkidul, makanan tradisional diperkenalkan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Festival Sompil akan diselenggarakan di Kecamatan Patuk, Minggu (24/4/2016) mendatang. Kegiatan itu digelar sebagai pengganti festival durian yang batal terlaksana di tahun ini karena panen yang menurun drastis.

Advertisement

Guna memeriahkan acara, kata Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi , penyelenggaraan festival juga akan menampilkan berbagai kesenian setempat. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan di Desa Ngasemayu pada Minggu (24/4/2016).

“Kami akan siapkan 1.001 sompil bikinan masyarakat,” kata mantan Camat Ponjong ini.

Dia menjelaskan, sompil merupakan makanan tradisional sejenis lontong yang disanjikan dengan lauk berkuah. Ambar pun berharap festival ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa lebih mengenalkan potensi pariwisata di Kecamatan Patuk.

Advertisement

“Mudah-mudahan pengunjung mau datang ke festival ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, mengapresiasi sejumlah pihak yang mulai sadar untuk melakukan promosi sehingga wisatawan mau berkunjung. Dia menjelaskan, pembangunan pariwisata tidak hanya sebatas mengandalkan potensi, sebab partisipasi dari masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk membangun citra yang positif sehingga memberikan kesan yang baik kepada pengunjung.

“Jangan sampai salah dalam pengelolaan karena dampaknya akan fatal. Saya sangat mengapresiasi antusias warga dalam menyambut euforia wisata, tapi yang perlu diingat usaha ini bukan bisnis semata karena juga mempertimbangkan aspek yang lain,” kata Hary.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif