News
Kamis, 14 April 2016 - 15:40 WIB

KERJA SAMA UNIVERSITAS : Uniba Solo Gandeng PTPN IX Teliti Tanaman Langka

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Islam Batik (Uniba) Solo (perpus.uniba.ac.id)

Kerja sama universitas, Uniba dan PTPN IX menandatangani MoU penelitian tanaman langka.

Solopos.com, SOLO–Universitas Islam Batik (Uniba) Solo memperkuat bidang penelitian di antaranya dalam hal pelestarian tanaman langka, dengan menggandeng PTPN IX PT Perkebunan Nusantara IX (Persero).

Advertisement

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani pihak Uniba dan PTPN IX di Kampus Uniba, Selasa (12/4/2016).

Rektor Uniba Solo, Endang Siti Rahayu, mengatakan dalam perannya untuk mencerdaskan mahasiswa didiknya, Uniba memerlukan bantuan dari berbagai pihak yang berpengalaman secara praktis di lapangan.

“Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Agribisnis Uniba bisa lebih berkembang berkat kerja sama dari berbagai mitra untuk memperkaya proses belajar mengajar di Univa, salah satu contohnya adalah dalam proses kajian penelitian,” ungkap Endang, Kamis (14/4/2016).

Advertisement

Menurutnya, kerja sama antara Uniba dengan PTPN IX PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) itu diharapkan akan menghasilkan hal-hal yang baik bagi masyarakat.

Bentuk kerja sama tersebut antara lain penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan dan pemberdayaan kluster usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah kerja PTPN IX, pelestarian tanaman langka dan tanaman pewarna alam untuk mendukung industri tekstil dan perbatikan, pengembangan bersama laboratorium kultur jaringan dan budi daya tanaman dan pembibitan tanaman, penggunaan sumber daya manusia, sinergi pengelolaan laboratorium praktikum dan pemagangan mahasiswa, pengembangan bersama bidang-bidang lainnya yang sesuai visi dan misi Uniba maupun PTPN IX.

Penandatanganan MoU, Selasa lalu, diwakili Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum  PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), Agus Hargiyanto, dan Rektor Uniba.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif