Jogja
Kamis, 14 April 2016 - 02:40 WIB

KASUS SIYONO : Ada Dugaan Pelanggaran Pidana

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, menabur bungi di makam Siyono, warga Dukuh Brengkungan, Desa Pogung, Cawas, Rabu (30/3/2016). PP Muhammadiyah siap melakukan advokasi terhadap istri Siyono, Suratmi, beserta keluarganya. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Status Siyono ditingkatkan dari teduga teroris menjadi tersangka teroris.

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, BANTUL-Polemik kasus kematian Siyono, terduga teroris asal Klaten, Jawa Tengah terus bergulir.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Polemik kasus kematian Siyono, terduga teroris asal Klaten, Jawa Tengah terus bergulir.

Ketua Tim Pembela Kemanusiaan Kasus Siyono, Trisno Raharjo mengatakan ada pelanggaran pidana serius dalam penangkapan Siyono. Apalagi belakangan disebutkan status Siyono ditingkatkan dari teduga teroris menjadi tersangka teroris.

Status tersangka jelas tertera dalam surat panggilan dari Div Propam Polri kepada ayah Siyono, Mardiyo, untuk meminta keterangan pada Selasa (12/4/2016).

Advertisement

Ia menilai kasus ini sudah bukan hanya berada pada ranah etik pelanggaran personel Densus 88 saja melainkan sudah mengarah ke arah tindak pidana.

“Saya sempat menanyakan kepada beberapa dokter ahli forensik, apakah hasil scan seperti itu termasuk outopsi, jawaban mereka bukan outopsi dan di bawah standar” ujarnya.

Menurut dia, jika pihak kepolisian hanya melakukan pemeriksaan luar dan di bawah standar, maka penyebab dari kematian Siyono tidak bisa dijelaskan. Kesimpulan pemeriksaan yang tidak sesuai standar juga tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Advertisement

“Hasil scan yang dikirimkan ke keluarga sebagai kesimpulan penyebab kematian. Menurut dokter forensik, hasil itu tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Dengan demikian jelas ada perbedaan hasil outopsi yang dilakukan oleh Tim autopsi PP Muhamadiyah dan Komnas HAM dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh Polisi.

Dari hasil autopsi yang dilakukan Tim autopsi PP Muhamadiyah dan Komnas HAM beberapa waktu lalu, menunjukkan penyebab kematian Siyono terdapat di bagian dada.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif