News
Kamis, 14 April 2016 - 22:00 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Kemenko Kemaritiman Menunggu "Restu" Perubahan Nama

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rizal Ramli (JIBI/Solopos/Dok)

Kabinet Jokowi-JK sempat ramai dengan kontroversi perubahan nama Kemenko Kemaritiman dengan tambahan “Sumber Daya”.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pimpinan Rizal Ramli masih menunggu dasar hukum perubahan nomenklatur lembaga itu menjadi Kementerian Koodinator Bidang Maritim dan Sumber Daya. Hal ini menyusul perubahan penamaan sejak Rizal Ramli menjadi menteri.

Advertisement

Sekretaris Kemenko Asep D. Muhammad mengatakan instansinya telah mengajukan usulan perubahan Perpres No. 10/2015 tentang Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman kepada Kementerian Sekretaris Negara (Setneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab). Hal itu sesuai dengan keinginan Menko Rizal Ramli setelah ditunjuk memimpin kementerian itu pada Agustus 2015.

“Kami lagi menunggu Setneg dan Seskab. Saat ini secara resmi kami masih menggunakan nama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman,” katanya seusai acara Pembukaan Indonesia Climate Change Education Forum and Expo di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Berdasarkan Perpres 10/2015, Kemenko Kemaritiman membawahi empat kementerian teknis yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Advertisement

Sesaat setelah dilantik, Rizal Ramli mengklaim mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengubah nama kementerian itu, termasuk menambah kementerian yang dikoordinasikan antara lain Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Keinginan Rizal tersebut sempat menimbulkan polemik. Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah klaim mantan Menko Perekonomian dan menegaskan nama kementerian masih tetap berdasarkan Perpres 10/2015.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif