Jatim
Kamis, 14 April 2016 - 09:05 WIB

INVESTASI TULUNGAGUNG : Pemkab Buka Peluang Investor Bangun Pelabuhan Perintis di Teluk Sine

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tindak konservasi terumbu karang di Teluk Sine, Tulungagung, Sabtu (13/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Investasi Tulungagung ini terkait peluang bagi investor untuk membangun pelabuhan perintis di Teluk Sine.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Pihak swasta mendapat kesempatan untuk berinvestasi membangun kawasan pelabuhan perintis di Teluk Sine dengan skema bagi hasil retribusi serta pengembangan industri hilir sektor perikanan.

Advertisement

“Opsi ini kami tawarkan setelah rencana pembangunan pelabuhan oleh daerah terganjal peraturan perundangan yang mengalihkan kewenangan pengelolaan pelabuhan ke provinsi,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung Suprapto kepada Antara di Tulungagung, Rabu (13/4/2016).

Dia menyatakan sudah ada beberapa calon investor yang tertarik berinvestasi di kawasan pesisir Pantai Sine. Tawaran investasi dari pemkab itu tidak hanya di sektor kepelabuhanan atau industri perikanan-kelautan, tetapi juga di bidang kepariwisataan.

“Sudah ada beberapa dan melihat langsung di lokasi untuk penjajakan potensi bisnis, tetapi belum ada yang realisasi,” ujar dia.

Advertisement

Mengenai teknis pembagian hasil usaha atau pengelolaan potensi ekonominya, Suprapto mengatakan akan dibicarakan lebih lanjut melalui pembahasan para pihak terkait, khususnya antara investor dengan pemerintah daerah.

“Kalau ada yang berminat, nanti saya akan antar langsung ke (Pantai) Sine dan berdiskusi mengenai peluang ekonomi di sana,” ujar dia.

Untuk diketahui, desakan pembangunan pelabuhan kapal ikan untuk nelayan di Teluk Sine saat ini aktif disuarakan nelayan, seiring panen ikan layur yang menyebabkan banyaknya nelayan pendatang (andon) singgah di kawasan pesisir tersebut.

Advertisement

“Potensi ekonomi di kawasan pesisir Pantai Sine ini sangat besar, bahkan perputaran uang terbesar Kecamatan Kalidawir ada di sini, namun pemerintah (daerah) tidak segera membangun pelabuhan untuk tambat kapal, sehingga banyak nelayan yang singgah ke sini,” ujar Untung, Sekretaris Kelompok Nelayan Samudera Agung Nusantara di Pantai Sine.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif