Jatim
Kamis, 14 April 2016 - 21:05 WIB

INDUSTRI PUPUK : PT Petrokimia Gresik Menghemat Rp30,9 Miliar Berkat Inovasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Petrokimia Gresik (Dok/JIBI)

Industri pupuk yakni Petrokimia Gresik mampu berhemat berkat adanya inovasi.

Madiunpos.com, GRESIK – Berkat pengembangan inovasi, PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu BUMN bidang pupuk mampu merealisasikan penghematan hingga mencapai Rp30,9 miliar pada tahun 2015.

Advertisement

Direktur Produksi Petrokimia Gresik I Ketut Rusnaya, mengatakan realisasi penghematan itu dicapai dari hasil kegiatan gugus inovasi karyawan yang menghasilkan sebanyak 1.003 inovasi.

“Untuk potensinya, penghematan sebenarnya bisa sampai Rp84 miliar dari sekitar dua ribu karyawan yang mengirimkan inovasi,” ucap Rusnaya, usai kegiatan tahunan Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-XXX di SOR Tri Dharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (13/4/2016).

Dia mengatakan penghematan lebih didominasi dari unit pabrik atau sektor industri, kemudian unit administrasi. “Berbagai inovasi di bagian administrasi telah dilakukan dengan menyederhanakan berbagai pola, karena adanya sistem informasi dan teknologi yang berubah,” kata dia menjelaskan.

Advertisement

Rusnaya menyebutkan jumlah inovasi yang diikutkan dalam kegiatan konvensi setiap tahunnya terus meningkat, dari 820 jumlah inovasi yang diciptakan pada tahun 2014 menjadi 1.003 gugus di tahun 2015.

“Bahkan sejumlah inovasi yang diciptakan karyawan Petrokimia tidak hanya mendapat apresiasi dari perusahaan, melainkan secara nasional dan internasional,” kat dia.

Rusnaya membeberkan salah satu karya inovasi karyawan Petrokimia mendapatkan penghargaan kategori silver pada ajang Asia Pacific Quality Conference (APQC) di Shanghai pada 12 November 2015.

Advertisement

“Kami bertekad terus membudayakan inovasi ini secara berkelanjutan, agar diperoleh proses bisnis dan kerja inovatif yang berujung penghematan sumber daya perusahaan,” kata Rusnaya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif