Logo Petrokimia Gresik (Dok/JIBI) Logo Petrokimia Gresik (Dok/JIBI)
Kamis, 14 April 2016 21:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

INDUSTRI PUPUK
PT Petrokimia Gresik Menghemat Rp30,9 Miliar Berkat Inovasi

Industri pupuk yakni Petrokimia Gresik mampu berhemat berkat adanya inovasi.

Solopos.com, GRESIK – Berkat pengembangan inovasi, PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu BUMN bidang pupuk mampu merealisasikan penghematan hingga mencapai Rp30,9 miliar pada tahun 2015.

Direktur Produksi Petrokimia Gresik I Ketut Rusnaya, mengatakan realisasi penghematan itu dicapai dari hasil kegiatan gugus inovasi karyawan yang menghasilkan sebanyak 1.003 inovasi.

“Untuk potensinya, penghematan sebenarnya bisa sampai Rp84 miliar dari sekitar dua ribu karyawan yang mengirimkan inovasi,” ucap Rusnaya, usai kegiatan tahunan Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-XXX di SOR Tri Dharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (13/4/2016).

Dia mengatakan penghematan lebih didominasi dari unit pabrik atau sektor industri, kemudian unit administrasi. “Berbagai inovasi di bagian administrasi telah dilakukan dengan menyederhanakan berbagai pola, karena adanya sistem informasi dan teknologi yang berubah,” kata dia menjelaskan.

Rusnaya menyebutkan jumlah inovasi yang diikutkan dalam kegiatan konvensi setiap tahunnya terus meningkat, dari 820 jumlah inovasi yang diciptakan pada tahun 2014 menjadi 1.003 gugus di tahun 2015.

“Bahkan sejumlah inovasi yang diciptakan karyawan Petrokimia tidak hanya mendapat apresiasi dari perusahaan, melainkan secara nasional dan internasional,” kat dia.

Rusnaya membeberkan salah satu karya inovasi karyawan Petrokimia mendapatkan penghargaan kategori silver pada ajang Asia Pacific Quality Conference (APQC) di Shanghai pada 12 November 2015.

“Kami bertekad terus membudayakan inovasi ini secara berkelanjutan, agar diperoleh proses bisnis dan kerja inovatif yang berujung penghematan sumber daya perusahaan,” kata Rusnaya.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…