Ilustrasi (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja) Ilustrasi (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 14 April 2016 09:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internet Share :

HASIL SURVEI
Inilah Konten Favorit Pembaca Media Online

Hasil survei GfK kali ini tentang konten favorit pembaca media online di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Media online saat ini sudah menjadi salah satu sarana primer, selain televisi yang digunakan masyarakat untuk menggali informasi. Namun, sedikit berbeda dengan televisi, media online tidak berlaku tagline satu berita untuk semua.

Berdasarkan hasil survey GfK, konten di media online memiliki peminatnya masing-masing. Oleh sebab itu, tak ada konten yang lebih dominan. Informasi itu diungkapkan oleh Director of Media Gfk Indonesia saat workshop media dengan Indonesia Digital Association (IDA), Robin Muliady, di SCTV Tower Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Robin menuturkan, topik pada berita atau media online dalam hasil survei dibagi berdasarkan pendekatan umur dan gender. Salah satu yang menarik dari pendekatan sisi umur adalah pembaca dengan umur yang lebih tua akan memilih topik berita yang lebih serius, seperti topik keagamaan, selain politik dan masalah sosial.

“Berdasarkan hasil survei pembaca dengan rentang umur 33 sampai 52 tahun lebih tertarik pada topik keagamaan. Salah satu faktor yang mungkin jadi penyebabnya karena pembaca pada rentang umur tersebut sudah cukup merasakan banyak pengalaman hidup,” ujar Robin, seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (13/4/2016).

Sementara pembaca dengan umur yang lebih muda, sekitar 13 sampai 32 tahun lebih tertarik pada topik hiburan, seperti musik dan film serta hobi dan jalan-jalan.

Dari sisi gender, ternyata pembaca laki-laki lebih menyukai topik sosial, politik, dan olahraga. Sementara pembaca wanita lebih sering membaca konten mengenai kecantikan, fashion, hiburan, dan hobi.

Informasi lain yang juga dibagikan dalam kesempatan itu adalah mengenai waktu baca berita online di Indonesia. Berdasarkan studi, waktu tertinggi pembaca online pada hari Senin sampai Sabtu tak berbeda jauh.

Pada Senin sampai Jumat, waktu yang paling banyak dihabiskan untuk membaca berita online adalah pukul 12 siang sampai 3 sore. Sementara pada Sabtu, waktu yang paling banyak dihabiskan untuk membaca berita online adalah pukul 12 siang sampai 6 sore.

Namun, kondisi berbeda ditemukan pada saat Minggu, peak pembaca menghabiskan waktu untuk membaca berita online lebih lama, yakni pukul 12 siang sampai 9 malam.

Sekadar informasi, GfK melakukan survei pada lima wilayah urban utama di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Bodetabek. Ada dua pendekatan yang dipakai GfK dalam studi ini yakni menggunakan software LeoTrace pada 1.521 panelis, dan survei pelanggan pada 775 responden.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.Japantech Indojaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…