Ilustrasi internet (illustratiction.fr) Ilustrasi (illustratiction.fr)
Kamis, 14 April 2016 06:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internet Share :

HASIL PENELITIAN
Indonesia Makin Terhubung Internet

Hasil penelitian GCI mengungkapkan Indonesia ternyata semakin terhubung Internet.

Solopos.com, JAKARTA — Hasil penelitian Global Connectivity Index (GCI) 2016 menyimpulkan Indonesia termasuk salah satu negara dengan angka rata-rata konektivitas nasional yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Sebagaimana diberitakan Antara, Rabu (13/4/2016), tahun ini Indonesia menempati peringkat ke-41, naik dua tingkat dari tahun lalu, setelah  pita lebar diluncurkan sehingga memengaruhi pengembangan pusat data.

“Saat ini digitalisasi global sedang mengalami perkembangan yang pesat sehingga meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna dalam berbagai aspek, termasuk industri vertikal, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Hasil penelitian GCI mengungkapkan konektivitas global meningkat sebesar 5% pada tahun 2015,” ujar Direktur Eksekutif Huawei, William Xu.

GCI mengukur perkembangan investasi dan penyebaran TIK untuk mewujudkan digitalisasi ekonomi di 50 negara berdasarkan 40 indikator yang di antaranya meliputi ketersediaan, permintaan, pengalaman, dan potensi dari lima enabler teknologi yaitu pita lebar, pusat data, cloud, big data, dan IoT.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan investasi dalam infrastruktur digital berkaitan erat dengan pendapatan domestik bruto karena infrastruktur digital meningkatkan dinamika ekonomi, efisiensi, dan produktivitas.

Pemerintah Indonesia semakin serius dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan solusi mobile yang dapat menambah penyerapan teknologi oleh masyarakat dan organisasi.

Menurut penelitian itu, penggunaan mobile broadband mengalami pertumbuhan cukup tinggi berkat semakin bertambahnya jumlah perusahaan telekomunikasi sehingga pemerintah dapat menggalakkan penggunaan komputasi awan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan membuat TIK mentransformasi bisnis serta  e-commerce.

Hasil penelitian GCI juga menyebutkan Indonesia memiliki posisi pertumbuhan pendapatan domestik bruto yang kuat untuk beberapa tahun ke depan.

lowongan pekerjaan
PENGAWAS&ESTIMATOR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…