Google Maps (www.offthegridnews.com)
Kamis, 14 April 2016 14:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internet Share :

APLIKASI GOOGLE
Google Maps Punya Fitur Hindari Macet

Aplikasi Google Maps kini dibekali fitur untuk menghindari kemacetan.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi Google Maps menghadirkan fitur baru. Fitur baru aplikasi besutan Google itu berfungsi untuk membantu mengidentifikasi sumber kemacetan dengan lebih rinci.

Saat pengguna sedang berkendara dan aplikasi Google Maps mendeteksi kemacetan, notifikasi akan muncul di bagian bawah layar yang menginformasikan rute alternatif.

“Kami berharap fitur terbaru ini akan membantu Anda sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan bebas hambatan,” kata Product Manager Google Maps, Nikhil Vaishnavi, seperti dilansir Antara, Kamis (14/4/2016).

Berbeda dibandingkan fitur sebelumnya, fitur baru aplikasi Google Maps tersebut juga menjelaskan mengapa rute tersebut direkomendasikan. Fitur notifikasi ini akan muncul otomatis setelah pengguna masuk ke mode navigasi di ponsel Android atau IOS.

Selain itu seperti dikutip dari Teknoup, Kamis, Google akhirnya merilis fitur terbaru aplikasi Google Maps yang mendukung fitur navigasi offline. Sejauh ini, Google baru menempelkan fitur ini untuk Google Maps di perangkat Android.

Aplikasi Google Maps berbeda dengan sistem navigasi Nokia Here yang menggunakan peta offline secara lengkap. Google Maps hanya dapat mengunduh peta secara offline pada area tertentu, misalnya hanya kota yang ditinggali pengguna.

Dengan demikian maka data peta secara offline tidak akan terlalu memakan penyimpanan yang besar di smartphone. Data yang kecil tersebut juga akan memudahkan dalam pembaruan dan sinkronisasi secara online bila diperlukan.

Selain navigasi, aplikasi Google Maps dalam versi offline juga tetap mendukung fitur pencarian. Berbagai informasi tempat menarik seperti lokasi dan jam buka, nomer kontak, dan informasi berguna lain juga tetap tersimpan di perangkat smartphone meski tidak ada koneksi Internet.

Data peta kota, wilayah atau negara yang sudah disimpan dapat dilihat dari menu aplikasi Google Maps. Pengunduhan informasi atau sinkronisasi juga diatur agar hanya dilakukan saat menggunakan koneksi Wifi untuk menghindari penyedotan kuota data seluler.

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bahasa Tubuh dan Bahasa Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (19/10/2017). Esai ini karya Triyono Lukmantoro, dosen Sosiologi Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang dan mahasiswa Program Doktor Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail…