Ilustrasi lari di malam hari (orasulmeu.md) Ilustrasi lari di malam hari (orasulmeu.md)
Rabu, 13 April 2016 06:30 WIB Rudi Hartono/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

WONOGIRI OPEN
Berhadiah Total Rp76 Juta, Pendaftaran Triathlon Dibuka

Wonogiri Open, Komando Triathlon 2016 membuka pendaftaran dengan biaya Rp500.000 per orang.

Solopos.com, WONOGIRI — Panitia Komando Triathlon Kopassus Wonogiri Open 2016 mulai membuka pendaftaran sejak Senin (11/4/2016).

Pendaftaran dilakukan melalui website resmi Federasi Triathlon Indonesia (FTI), yakni triathlonindonesia.org.
Koordinator lomba dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Kapten (Inf) Dipa Dipura, saat dihubungi solopos.com, Selasa (12/4/2016), menyampaikan peminat bisa langsung mendaftarkan diri melalui web FTI. Penutupan pendaftaran akan menyesuaikan kondisi. Panitia menargetkan ajang perpaduan tiga cabang olahraga renang, bersepeda, dan lari yang akan digelar di Wonogiri, 7 Mei mendatang itu minimal 300 peserta.

“Panitia menetapkan biaya pendaftaran Rp500.000/orang,” kata dia.

Panitia menyiapkan total hadiah senilai Rp76 juta dan medali seusai peringkat juara. Lomba dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dan TNI/Polri. Pada kategori umum, juara I akan mendapat medali emas dan hadiah senilai Rp15 juta, juara II medali perak dan hadiah senilai Rp12,5 juta, dan juara III medali perunggu dan hadiah senilai Rp10 juta. Adapun juara IV dan V akan mendapat medali besi dan hadiah masing-masing senilai Rp7,5 juta dan Rp5 juta.

Pada kategori TNI/Polri, juara I akan mendapat medali emas dan hadiah senilai Rp10 juta, juara II medali perak dan hadiah senilai Rp7,5 juta, dan juara III medali perunggu dan hadiah senilai Rp5 juta. Adapun juara IV dan V akan mendapat medali besi dan hadiah masing-masing senilai Rp2,5 juta dan Rp1 juta.

Dipa menjelaskan lomba digelar secara berurutan dan berkelanjutan dari renang 1,5 kilometer di area wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), bersepeda 40 km, dan lari 10 km. Start renang akan menggunakan pantai WGM di seberang panggung hiburan. Sebelumnya panitia menentuan garis start ada di dermaga di WGM. Informasi yang dihimpun solopos.com, rute renang yakni dari start menuju perairan waduk sejauh 350 meter. Selanjutnya berbelok menempuh jarak 50 meter lalu menuju garis start sebelumnya sejauh 350 meter. Rute ini membentuk segitiga. Perenang kembali melalui rute sebelumnya untuk mencapai garis finis.

Sedangkan rute bersepeda, yakni dari lokasi renang menuju Tugu Kalpataru delapan kali bolak-balik dengan total jarak 40 km. Adapun rute lari, yakni dari WGM menuju Wuryantoro lali balik lagi dengan total jarak 10 km.

“Beach start di waduk akan kami ratakan. Selain itu jalan di area wisata yang rusak akan diperbaiki. Kami juga akan memperbaiki beberapa bagian jalan untuk rute bersepeda dan lari yang rusak,” imbuh Dipa.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Sentot Sujarwoko, menyambut baik ajang triathlon, event kali pertama yang akan digelar di Jawa Tengah itu. Menurut dia lomba tersebut akan berdampak positif bagi pariwisata di Wonogiri. Sebab, kegiatan itu bisa sekaligus menjadi sarana promosi wisata.

“Ajang triathlon juga menjadi bagian dari kegiatan HUT ke-275 Wonogiri,” kata dia.

 

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…