Foto ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 13 April 2016 09:55 WIB Ul Kota Jogja Share :

UJIAN NASIONAL
Penyebar Soal UN Bukan Dari Jogja, Lalu?

Ujian nasional yang beredar di LINE terus diusut.

Solopos.com, JOGJA-Kepala Ombudsman Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (ORI DIY) Budhi Masturi menyebutkan, salah satu dari puluhan foto soal Ujian Nasional (UN) 2016 yang dilaporkan sejumlah siswa peserta UN, teridentifikasi bukan dari DIY.

Hasil identifikasi tersebut berdasarkan angka yang ditemukan dari barcode [kode batang] yang ada pada tubuh soal. Saat ditanya mata pelajaran soal yang berhasil teridentifikasi itu, Budhi belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

Langkah yang kemudian diambil adalah melaporkan hasil identifikasi ini kepada ORI tingkat pusat, untuk dapat diserahkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. ORI sedianya akan terus melakukan pemantauan terhadap proses pengusutan pengunggah soal UN ke media sosial, sampai keseluruhan bukti yang ada berhasil terungkap.

“Kami perlu mengapresiasi upaya Disdikpora DIY, harapannya komitmen ini terus dipegang oleh Disdikpora. Ke depan kami berharap adanya perbaikan sistem, yang mengakomodasi hak-hak belajar siswa, kami bukan fokus kepada sanksi bagi pelaku, melainkan kepada perbaikan sistem ke depan,” kata dia.

(Baca Juga : UJIAN NASIONAL : Soal Beredar di Line, Latarbelakangnya Meja Bertaplak Batik)

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, pihaknya akan terus berkomitmen mengawal UN di Jogja tetap berintegritas, salah satunya memberikan bantuan yang sekiranya diperlukan oleh ORI DIY. Soal UN berbasis kertas, imbuh dia, harus disimpan setidaknya selama satu bulan, karena sifatnya yang rahasia.

“Kalau sampai ada siswa yang bisa memotret soal, maka bukan hanya siswa tersebut yang melakukan kesalahan, melainkan juga pengawas ruangan, kenapa itu bisa terjadi,” ujar dia.

Sebelumnya diketahui, ORI DIY menerima adanya laporan dari salah seorang siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016, bahwa ada aktivitas tanya jawab soal UN di sebuah grup obrolan Line, pada Kamis (7/4/2016) lalu, dalam percakapan terunggah pula sejumlah foto soal UN berbasis kertas.  Pada Senin (11/4/2016) kembali dilaporkan ada puluhan foto soal Ujian Nasional (UN) 2016 berbasis kertas yang beredar dalam grup percakapan Line. Selain puluhan butir soal, muncul pula foto soal beserta pembahasan dan jawaban dalam grup tersebut.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.NSC FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…