Ilustrasi menabung (Indianyouth.net) Ilustrasi menabung (Indianyouth.net)
Rabu, 13 April 2016 01:10 WIB Fokus Share :

TIPS KEUANGAN
Cegah Hidup Boros dengan Cara Ini

Tips keuangan membeberkan tips mencegah hidup boros.

Solopos.com, SOLO – Banyak orang tidak mampu mengatur keuangan, sehingga menimbulkan permasalahan keuangan yang berujung pada lebih besar pasak daripada tiang.

Kondisi tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan orang dalam mengatur keuangan bulanannya. Sehingga dia tidak mampu mengontrol kebutuhan dan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Agar tidak terjebak dalam situasi seperti ini, ada beberapa tips mengatur keuangan Anda:

Punya Beberapa Rekening
Memiliki satu rekening tabungan saja untuk semua uang yang Anda miliki adalah pilihan yang buruk. Karena hal tersebut bisa membuat Anda mudah menghabiskannya dan menariknya dari ATM kapanpun Anda mau.

Sebaiknya miliki beberapa rekening bank, dan simpan dana Anda secara terpisah. Misalnya saja uang untuk kebutuhan sehari-hari, untuk membayar utang, dan untuk tabungan Anda.

Buat Daftar Kebutuhan
Untuk menghindari masalah pengaturan keuangan, buat daftar kebutuhan Anda tiap bulannya secara rutin. Dan jangan keluar dari daftar tersebut yang membuat Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Pertama yang harus Anda prioritaskan adalah membayar tagihan Anda. Misalnya angsuran kredit rumah, mobil, dan kartu kredit. Kemudian sisihkan untuk kebutuhan harian, untuk makan, transportasi yang menjadi prioritas kedua

Potong Pengeluaran
Kadang kita berpikir memotong pengeluaran yang kecil tidak akan berdampak pada penghasilan Anda. Padahal itu salah. Memotong pengeluaran sedikit demi sedikit akan membuat Anda bisa mengurangi pengeluaran dan pada akhirnya meningkatkan dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan yang lebih pentingan atau untuk tabungan Anda.

Cek Rutin Pengeluaran Anda
Cek rutin pengeluaran Anda setiap bulan dan setiap habis membelanjakan sesuatu. Jangan sampai ada yang terlewat. Ini untuk menghindari Anda membeli sesuatu di pertengahan bulan yang menjadi pengeluaran tambahan Anda. Selain penting untuk mengetahui berapa besar uang Anda yang masih ada, juga penting agar Anda menahan diri untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

Menabung Sebelum Berbelanja
Ini salah satu yang sulit. Kebanyakan orang menabung dari uang yang tersisa. Namun seharusnya Anda mulai menabung sebelum berbelanja dan mengatur pengeluaran Anda. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menabung untuk masa depan.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….