Teknologi
Rabu, 13 April 2016 - 23:10 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : LG Perkenalkan 3 Varian TV 4K di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TV LG Oled 4K (Okezone)

Teknologi terbaru televisi LG 4K resmi hadir di Indonesia.

Solopos.com, CIBITUNG — Memasuki kuartal kedua tahun ini, PT LG Electronics Indonesia (LG) memperkenalkan tiga teknologi terbaru televisi yang siap memasuki pasar dalam negeri.

Advertisement

Seperti dilansir Okezone, Rabu (13/4/2016), tiga teknologi terbaru televisi tersebut diberi nama LG Oled TV 4K (EG965T), LG Super UHD TV 4K (UH850T) dan LG Smart TV dengan kemampuan teknologi WebOS 3.0.

“Kami telah melakukan peningkatkan akan kepuasan visual menjadi tema besar di balik pengembangan ketiga TV tersebut,” ujar Product Marketing TV LG Electronics Indonesia, Kevin A. Bunthara.

Advertisement

“Kami telah melakukan peningkatkan akan kepuasan visual menjadi tema besar di balik pengembangan ketiga TV tersebut,” ujar Product Marketing TV LG Electronics Indonesia, Kevin A. Bunthara.

“Peningkatan dalam kepuasaan visual bagi pengguna menjadi fokus utama kami. Kami telah melakukan berbagai pengembangan dalam koleksi terbaru ini,” ungkapnya dalam acara Journalist Visit Pabrik LG di Cibitung, Jawa Barat, Rabu.

Kendati demikian, dikatakan Kevin, LG tak serta merta melupakan unsur estetika dalam hal desain. LG ingin menjadikan tiga teknologi terbaru televisi LG masa depan.

Advertisement

Belum lagi TV anyar besutan LG tersebut juga di antaranya sudah melalui pengembangan platform WebOS 3.0 yang mendukung fitur remote control. LG Oled TV 4K akan dijual Rp70 juta.

“Salah satu dari pengembangan yang kami lakukan dengan menambahkan tombol yang akan mengalih kendali set top box bagi pelanggan siaran TV digital. Hasilnya, cukup satu remote control untuk kendali TV dan set top box,” tambah Kevin.

Keunggulan panel Oled ini diklaim LG adalah kemampuannya menghasilkan warna hitam yang jauh lebih pekat ketimbang panel lainnya. “Ini karena tiap piksel mempunyai pencahayaan sendiri, bukan menggunakan backlight seperti di panel LED,” ujar Kevin, seperti dilansir Detik, Rabu,

Advertisement

Sehingga, lanjut Kevin, bila gambar yang sedang ditampilkan berwarna hitam, itu artinya piksel tersebut benar-benar mati, jadi warna hitam yang dihasilkan sangat pekat. Hal tersebut tak mungkin terjadi di panel LED karena masih ada cahaya dari backlight yang menerangi panel layar.

Pekatnya warna hitam ini juga meningkatkan akurasi detail gambar, pun mempunyai waktu respons yang lebih cepat ketimbang panel jenis lainnya. LG mengklaim respons time OLED 1.000 kali lebih kencang ketimbang panel LCD dan LED.

Selain EG965T, ada juga TV lain yang dirilis oleh LG, dengan harga yang lebih murah, yaitu Super UHD TV 4K (UH850T) dan LG Smart TV yang kini dilengkapi dengan WebOS versi 3.0. Dua seri teknologi terbaru TV ini tak menggunakan panel OLED, melainkan panel IPS LCD.

Advertisement

Penggunaan panel IPS itu membuat harga TV-nya menjadi lebih murah, UH850T dengan layar 65 inci dijual dengan harga Rp45 juta. Sementara untuk smart TV dengan platform WebOS 3.0 versi 55 inci dijual dengan harga Rp14 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif