Otomotif
Rabu, 13 April 2016 - 14:30 WIB

SEPEDA MOTOR BAJAJ: Bajaj 4 Roda Segera Masuk Indonesia, Amankah?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bajaj Qute Crash Test Safety. (Istimewa)

Sepeda motor Bajaj Qute merupakan suksesor bajaj tiga roda.

Solopos.com, SOLO – Sudah empat tahun sejak Bajaj Auto India memperkenalkan Qute FY17, suksesor bajaj seperti yang dikenal di Indonesia namun dengan empat roda. Kabarnya alat transportasi baru itu juga segera hadir di Tanah Air.

Advertisement

Anehnya, Qute justru dilarang beroperasi di negara asalnya karena dianggap membahayakan. Alhasil kini Bajaj secara eksklusif hanya memproduksi kendaraan itu untuk keperluan ekspor.

Seperti dilansir laman Rushlane, Selasa (12/4/2016), negara tujuan ekspor Bajaj Qute antara lain Turki, Rusia, Peru, dan Indonesia. Targetnya dalam setahun adalah 10.000 unit, sedangkan untuk bulan ini adalah 500 unit.

Tetapi meski dapat memuat empat orang, memiliki empat roda, setir, sabuk pengaman, empat pintu tertutup, dan satu bagasi belakang, perlu dicatat bahwa Qute bukanlah mobil. Kendaraan itu lebih pas disebut sebagai sepeda motor empat roda (quadricycle).

Advertisement

Menggendong mesin 216 cc DTS-I yang diadopsi dari sepeda motor Bajaj, Qute sanggup dipacu hingga 70 km/jam. Bobotnya juga termasuk ringan, yakni 450 kilogram atau 37 persen lebih ringan dari mobil city car terkecil di India, Tata Nano.

Sayangnya ketika diuji oleh New Car Assassment Program cabang Eropa (Euro NCAP) di Brussels, Belgia dengan standar rangkaian tes uji tabrak untuk mobil, hasil yang ditorehkan Bajaj Qute sangat mengecewakan.

Suksesor bajaj tiga roda itu hanya menghasilkan skor satu bintang dengan tingkat perlindungan penumpang dewasa (adult occupant) sebesar 28 persen ketika terjadi tabrakan frontal dengan kecepatan 60 km/jam.

Advertisement

”Struktur Bajaj Qute sangat tidak stabil, terjadi perubahan bentuk yang signifikan di banyak bagian setelah terjadi tabrakan. Tidak adanya airbag semakin menambah risiko kematian sopir dan penumpang baris depan,” demikian keterangan di laman Euroncap.

Meski begitu Bajaj Auto berpendapat Qute tetap lebih aman ketimbang sepeda motor serta lebih nyaman di kemacetan karena tidak perlu khawatir kepanasan atau diguyur hujan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif