News
Rabu, 13 April 2016 - 12:00 WIB

PILPRES AMERIKA SERIKAt : Polling Terbaru: Trump Mendominasi Republik, Hillary dan Sanders Sama Kuat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hillary Clinton (telegraph.co.uk)

Pilpres Amerika Serikat (AS) segera digelar. Sejumlah tokoh pun semakin mengerucut.

Solopos.com, WASHINGTON – Berdasarkan polling terbaru, kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton dan Bernie Sanders saat ini sama kuat menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat. Sedangkan kandidat Partai Republik Donald Trump saat ini masih mengungguli para pesaingnya.

Advertisement

Dalam polling terbaru Reuters/Ipsos seperti dilansir detikcom dari Press TV, Rabu (13/4/2016), Hillary maupun Sanders sama-sama meraup 48 persen suara secara nasional menjelang pemilihan umum AS yang akan digelar November mendatang. Polling itu dilakukan terhadap 719 pemilih Demokrat dengan periode waktu 8-12 April.

Sedangkan Survei McClatchy-Marist yang dirilis pekan lalu, menyebut Sanders yang menjabat Senator Vermont mengungguli Hillary yang mantan Menteri Luar Negeri AS. Kedua kandidat Partai Demokrat itu selalu memiliki selisih relatif tipis selama 2 bulan terakhir dalam pemilihan awal AS.

Selama 2 bulan itu, Hillary selalu unggul atas Sanders dalam jumlah perolehan delegate. Delegate merupakan perwakilan partai yang mewakili setiap negara bagian dalam pemilihan awal AS. Setidaknya dibutuhkan 1.237 delegate (dari total 2.472 delegate) untuk memenangi pencapresan Partai Republik dan 2.838 delegate (dari total 2.765 delegate) untuk Partai Demokrat.

Advertisement

Pemilihan awal selanjutnya akan digelar di New York pada 19 April mendatang. Di wilayah itu, Hillary pernah menjadi Senator berpengaruh sedangkan Sanders dilahirkan di negara bagian itu.

Donal Trump (cnn)

Untuk Partai Republik, polling terbaru lainnya menunjukkan Trump masih akan mengungguli para pesaingnya, Senator Texas Ted Cruz dan Gubernur Ohio John Kasich.

Advertisement

Menurut survei Public Policy Polling, Trump yang lahir di New York itu meraup 51 persen suara, jauh mengungguli Kasich dengan 25 persen suara dan Cruz dengan 20 persen suara.

Sementara itu, sebanyak 65 persen pemilih Partai Republik menyatakan mendukung Trump, sedangkan 41 persen mendukung Kasich dan 35 persen mendukung Cruz. Trump memimpin di kalangan pemilih sangat konservatif, moderat, juga para pemilih pria dan wanita, pemilih paruh baya dan pemilih muda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif