Bola batu raksasa di Bosnia (Reuters) Bola batu raksasa di Bosnia (Reuters)
Rabu, 13 April 2016 21:10 WIB Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com Sains Share :

PENEMUAN BARU
Bola Batu Raksasa Ditemukan di Bosnia

Penemuan baru berupa bola batu raksasa menghebohkan publik.

Solopos.com, SOLO – Penemuan bola batu raksasa di sebuah hutan dekat Kota Zavidovici, Bosnia menjadi perhatian dunia. Arkeolog Bosnia, Semir Osmanagic mengungkapkan penemuannya itu mungkin menjadi bola batu tertua yang dibuat manusia.

Dilansir Telegraph, Senin (11/4/2016), Osmanagic percaya penemuan bola batu itu bisa menjadi petunjuk adanya beradaban maju yang “hilang” sekitar 1.500 tahun lalu. Ia juga menduga bola buatan manusia yang berhasil ia temukan menjadi yang terberat di dunia dengan radius antara 1,2 – 1,5 meter.

Penemuan bola batu tersebut dikaitkan dengan peradaban kuno di seluruh dunia dan yang paling terkenal adalah bola batu Kosta Rika atau Las Bolas. Setidaknya ada sekitar 300 buah dengan berat mencapai 15 ton. Bola batu itu diyakini diciptakan oleh budaya Diquis yang kini sudah punah sekitar 1.500 tahun silam.

Osmanagic mengatakan bola batu itu memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, dan percaya itu mungkin lebih tua daripada yang ada di Kosta Rika. “Ini menjadi bukti lebih lanjut ada sebuah peradaban maju di sini dengan teknologi tingkat tinggi, dan apa yang kita tahu sangat sedikit,” katanya.

 

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….