Jogja
Rabu, 13 April 2016 - 08:40 WIB

PEMBANGUNAN MAL : Pedagang Tradisional Bantul Diminta Tak Cemas

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi eskalator di pusat perbelanjan (JIBI/Solopos/Dok.)

Rencana pembangunan mall di Kawasan Bantul sempat menuai kekhawatiran pedagang tradisional.

 

Advertisement

 

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, BANTUL– Rencana pembangunan mal di Kawasan Bantul sempat menuai kekhawatiran pedagang tradisional. Namun secara langsung Bupati Bantul Suharsono meluruskan beberapa pendapat yang simpang siur tersebut. Ia mengatakan adanya rencana pembangunan mal  tidak akan mematikan perekonomian para pedagang tradisonal.

“Rencana pembangunan mal memang sempat meresahkan warga bantul, namun rencana pembangunan itu jauh dari lokasi yang ramai di bantul seperti di tengah kota bantul, sehingga masyarakat tidak perlu resah,” katanya.

Advertisement

“Rencana lokasi pembangunan mall itu di bekas kampus Stie Kerjasama Jalan Parangtritis, wilayah tersebut kan perbatasan Bantul dan kota dan lahannya kan sekarang kosong, atau di daerah perbatasan lain seperti di wilayah Godean dan Sedayu, tidak mungkin akan dibangun di tengah kota Bantul,” tegas Suharsono.

Kemudian hingga saat ini diakui Suharsono sudah ada beberapa investor yang mulai melirik ada rencana tersebut.

“Sudah ada beberapa investor yang mendaftar, namun kita juga akan melakukan seleksi dulu, karena izin untuk pembangunan hotel dan mall itu harus sampai pusat jadi memang harus benar-benar selektif,” katanya.

Advertisement

Suharsono juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kordinasi dengan masyarakat bantul terkait dengan pengambilan keputusan, ia akan selalu mendengarkan suara masyarakat bantul.

“Saya akan terus melakukan koordinasi dengan masyarakat, jadi tidak perlu resah saya akan mengambil keputusan secara sepihak, jika nantinya memang kebanyakan masyarakat tidak menyetujui maka pembangunan juga tidak akan dilakukan,” tegasnya lagi.

Di lain pihak, pemerhati kebijakan publik Elanto Wijoyono mengatakan pemerintah seharusnya perlu mencari solusi lain terkait dengan rencana pembangunan mall untuk menambah kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

“jika memang benar pembangunan mall menurut Bupati Bantul untuk lebih mensejahterakan masyarakat, sepertinya ada solusi lain dibanding dengan pendirian mall misalnya dengan lebih membangkitkan ekonomi kreatif dan ekonomi kecil masyarakat Bantul,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif