Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI) Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI)
Rabu, 13 April 2016 23:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

KESEHATAN TULUNGAGUNG
31 Puskesmas di Tulungagung Ditarget Berstatus BLUD pada 2017

Kesehatan Tulungagung terus dibenahi dengan meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas.

Solopos.com, TULUNGAGUNG – Sebanyak 31 puskesmas yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Tulungagung segera berstatus badan layanan umum daerah (BLUD) guna meningkatkan layanan kesehatan masyarakat.

“Sementara ini sudah sembilan puskesmas yang proses verifikasi menjadi BLUD. Lainnya dalam tahap pendampingan,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Bahrudin di Tulungagung, Selasa (12/4/2016).

Kesembilan puskesmas yang telah memenuhi persyaratan administratif, teknis, maupun substantif meliputi Puskesmas Tulungagung, Kauman, Sumbergempol, Banjarjo, Tiyudan, Pucanglaban, Pagerwojo, Tanggunggunung, serta Bangun Jaya.

Bahrudin mengungkapkan sebanyak 22 dari total 31 puskesmas yang ada di Tulungagung sampai saat ini masih dalam tahap pembinaan dinkes. Kendati pengajuan bertahap, Bahrudin berharap penetapan status BLUD untuk 31 puskesmas nantinya bisa dilakukan serentak.

“Target kami 2017 nanti semua [puskesmas] sudah terakreditasi BLUD, sehingga mereka bisa mandiri secara manajemen keuangan agar pelayanan kesehatan masyarakat juga optimal,” ujar dia.

Proses penetapan status BLUD untuk sembilan puskesmas itu menurut Bahrudin tinggal menunggu hasil penilaian tim verifikasi tingkat kabupaten. Ia memastikan seluruh persyaratan termasuk penyediaan sumber daya manusia teknis di bidang akutansi serta tim IT telah dipersiapkan.

“Kami harus akui, untuk menuju puskesmas dengan status BLUD sejauh ini masih banyak terkendala dengan SDM, terutama ahli akutansi karena prinsip badan layanan umum adalah harus mampu membuat sistem manajemen keuangan yang mandiri,” ujar dia.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…