Timnas Rumania (Football Uniform)
Rabu, 13 April 2016 09:10 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Profil Tim Share :

Inilah Profil Timnas Rumania

Timnas Rumania akan berlaga di Piala Eropa 2016.

Solopos.com, SOLO – Timnas Rumania akhirnya kembali berlaga di Piala Eropa setelah sebelumnya mereka gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.

Rumania sendiri bukan anak baru di Piala Eropa. Mereka sudah empat kali mencicipi turnamen terbesar antarnegara di Benua Biru ini. Tricolorii, julukan Rumania, kali pertama berlaga di Piala Eropa 1984 di Prancis. Saat itu, Rumania tak mampu lolos dari fase grup.

Setelah itu, Rumania gagal melaju ke putaran final Euro di dua edisi berikutnya. Mereka baru kembali berlaga di putaran final pada Euro 1996 di Inggris. Lagi-lagi Rumania hanya bertahan di fase grup.

Tapi setelah itu, Rumania berhasil mencapai prestasi terbaiknya di Pial Eropa. Dalam gelaran Euro 2000 di Belgia dan Belanda, Rumania berhasil menjejak babak perempatfinal. Di bawah polesan pelatih Emerich Jenei, Rumania bisa menyingkirkan Inggris dan Jerman di fase grup. Tapi mereka harus mengakui keunggulan Italia di babak perempatfinal.

Rumania kembali ke Piala Eropa 2008 di Austria dan Swiss, setelah absen di edisi 2004. Di sini, Rumania tak bisa berbuat banyak dan harus angkat koper sejak fase grup.

Rumania sendiri tampil baik di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Mereka menjadi runner up grup F di bawah Irlandia Utara yang keluar sebagai juara grup. Di bawah arahan Pelatih Anghel Iordanescu, Rumania tak terkalahkan dengan memetik lima kemenangan dan lima hasil imbang, hanya selisih satu angka dari  Irlandia Utara.

Rumania baru-baru ini juga mencuri perhatian dengan mampu mengimbangi tim juara sekelas Spanyol dengan skor 0-0 di partai persahabatan. Setelahnya, Rumania juga mencatat kemenangan 1-0 atas Lithuania di laga uji coba.

Selain memiliki sejarah di Pial Eropa, Rumania juga pernah mencicipi Piala Dunia. Bahkan mereka sudah tujuh kali lolos ke putaran final Piala Dunia yakni pada 1930, 1934, 1938, 1970, 1990, 1994, dan 1998.

Di Piala Eropa 2016, Rumania berada di grup A. Dia akan bersaing dengan tuan rumah Prancis, Swiss, dan Albania.

Skuat Timnas Rumania

Kiper: C. Tatarusanu, C. Pantilimon, S. Lung

Belakang: V. Chiriches, A. Tosca, V. Gaman, A. Matel, C. Moti, S. Filip, D. Grigore, C. Sapunaru

Tengah: Ad. Popa, F. Tanase, N. Stanciu, M. Pintilii, A. Ropotan, G. Torje, L. Sanmartean, O. Hoban

Depan: A. Ivan, F. Andone, B. Stancu, R. Rusescu, A. Hora, C. Keseru

Pelatih: Anghel Iordanescu

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.Japantech Indojaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…