Sri Sultan Hamengku Buwono X (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 13 April 2016 01:20 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

BANGUNAN CAGAR BUDAYA
Pemda akan Beli Rumah Dr Yap

Bangunan cagar budaya terus dilestarikan.

Solopos.com, JOGJA-– Pemerintah Daerah DIY berencana membeli rumah bersejarah di Ketandan sebagai Cagar Budaya. Rumah bekas kediaman kapiten asal Tiongkok di era Hamengku Buwono III itu akan dijadikan pusat budaya Tionghoa di DIY.

Ditemui di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan Selasa (12/4/2016) Sultan mengatakan pihaknya sedang mengkaji rencana untuk membeli rumah peninggalan Tan Jin Sing yang juga sempat didiami Dr Yap itu. Menurutnya rumah seluas 900 meter persegi itu memiliki sejarah panjang, terlebih lokasi cukup strategis karena berada di tengah kota.

“Disitu nanti bisa menjadi pusat budaya yang merekam sebagian sejarah Kota Jogja,” kata Sultan seusai menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Pemerintah Shanghai.

Untuk pengelolaannya, Pemda sudah mencoba menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Shanghai untuk bekerja sama. Sultan mengatakan perwakilan dari Shanghai kemarin sudah melihat lokasi rumah itu dan akan memberikan pertimbangannya.

“Mereka mau mengembangkan ousat budaya di DIY, jadi saya coba tawarkan rumah di Ketandan itu,” imbuh dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…