Geely JL1010N. (Carnewschina.com) Geely JL1010N. (Carnewschina.com)
Rabu, 13 April 2016 22:45 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 4 Share :

MOBIL ESEMKA
Inikah Sosok Pikap Esemka Produksi Boyolali?

Mobil Esemka model pikap mulai diuji di luar negeri.

Solopos.com, SOLO – Produk pertama mobil nasional (mobnas) PT Adiperkasa Citra Esemka Hero dipastikan berwujud pikap. Kabarnya saat ini prototipenya sudah jadi dan tengah diuji di luar negeri. Seperti apa sosoknya?

Managing Director Esemka, Hosea Sanjaya menjelaskan mobnas yang diluncurkan kali pertama adalah pikap bermesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Mobil itu diklaim cocok di perdesaan dan perkebunan lantaran memiliki bak besar dan daya angkut banyak.

”Saat ini mobil itu tengah diuji di luar negeri, Juli mendatang kami tes mobil ini di kondisi jalan Indonesia. Agustus kami siap pasarkan,” ungkap Hosea sebagaimana dilansir laman Metrotvnews, Selasa (12/4/2016).

Sayangnya tidak dijelaskan lokasi tepatnya mobil itu diuji. Identitas pikap Esemka yang bakal diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah itu hingga saat ini juga masih dirahasiakan, termasuk dari mana basisnya diambil.

”Kami pastikan membuat mobil dengan standar OEM [original eqipment manufacturer], tidak perlu mesin bikin pabrik khusus, ban buat pabrik sendiri, jadi mana yang cocok kami pakai,” imbuhnya.

Meski begitu, sudah diketahui bahwa proyek Esemka bekerja sama dengan Proton Malaysia dan Geely Tiongkok. Karena Proton tidak memiliki lini pikap, kemungkinan besar unit produksi Esemka mengambil basis dari pikap Geely.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com dari berbagai sumber, ada satu pikap Geely yang memiliki spesifikasi mirip seperti yang dipaparkan Hosea, yaitu Geely JL1010N atau di sejumlah negara lain juga dikenal dengan nama Geely Rural Nanny.

Bentuknya terlihat kuno, maklum karena pikap itu diproduksi sekitar tahun 2000-an. Tetapi karena fungsinya sebagai mobil untuk angkut barang, tentu bentuk luar tidak begitu menjadi soal.

Urusan jantung pacu, mobil yang kemungkinan diadopsi menjadi produk pertama mobnas Esemka itu dibekali mesin 993 cc empat silinder bertenaga 52 hp yang mampu diajak berlari hingga kecepatan 98 km/jam. Sedangkan dimensinya adalah 3.965 mm panjang, 1.640 mm lebar, dan 1.435 mm tinggi.

 

lowongan pekerjaan
OPTION EXECUTIVE KTV & BAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…