Siswa SMK Negeri 2 Solo mengerjakan soal menggunakan komputer saat mengikuti Ujian Nasional (UN) hari pertama berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 2 Solo, Senin (13/4). Pelaksanaan UN CBT untuk siswa SMA/SMK sederajat di Kota Solo pada hari pertama berjalan lancar tanpa ada gangguan tekhnis. Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)
Selasa, 12 April 2016 21:20 WIB Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

UNBK 2016
Listrik Padam, Ujian Mundur Sampai Malam

UNBK 2016 di Kulonproto menghadapi masalah listrik padam

Solopos.com, KULONPROGO -Listrik padam menganggu kelancaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari terakhir di SMA Negeri 1 Sentolo, Kulonprogo, Selasa (12/4/2016).

Jaringan internet pun dikeluhkan melambat pada saat siswa mengerjakan materi listening mata ujian Bahasa Inggris.

Kepala SMA Negeri 1 Sentolo, Sugiyanto mengatakan, listrik padam pada sekitar pukul 08.00 WIB. Puluhan siswa yang mengikuti sesi pertama terpaksa menghentikan aktivitas mengerjakan soal. Mereka kemudian diminta tetap berada dalam ruang ujian dan menunggu selama hampir satu jam.

“Tidak ada hujan atau angin, listriknya mati. Saya konfirmasi ke PLN tapi tanggapannya lambat. Jam sembilan kurang baru menyala lagi,” ungkap Sugiyanto kepada Solopos.com, Selasa (12/4/2016).

Sugiyanto memaparkan, kejadian itu tidak membuat peserta kehilangan data soal yang sudah sempat digarap. Menurutnya, para siswa juga tidak tampak panik berlebihan dan masih bisa dikondisikan. Mereka bisa melanjutkan ke soal lain tanpa kena potongan waktu setelah komputer kembali dinyalakan.

Selain mati listrik pada sesi pertama, Sugiyanto juga mengeluhkan lambatnya jaringan internet saat siswa menghadapi materi listening.

Permasalahan itu bahkan berulang pada setiap sesi dan diperkirakan karena ukuran berkas audio yang terlalu besar. “Kayak susah diakses internetnya. Macet sehingga siswa tidak bisa mengerjakan,” ujar dia.

UNBK di SMA Negeri 1 Sentolo diikuti oleh 152 orang dan dibagi dalam tiga sesi. Idealnya, sesi ketiga berakhir pada pukul 16.00 WIB. Namun, insiden listrik padam dan lambatnya jaringan membuat waktu ujian mundur beberapa jam. “Seharusnya jam empat sore selesai ujian tapi ini nanti kira-kira bakal sampai jam tujuh malam,” kata Sugiyanto.

lowongan pekerjaan
Accounting, Adminidtrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…