Ilustrasi berkeringat (Boldsky.com) Ilustrasi berkeringat (Boldsky.com)
Selasa, 12 April 2016 05:10 WIB Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
5 Risiko Kesehatan Bila Jarang Berkeringat

Tips kesehatan kali ini menjelaskan tentang manfaat berkeringat bagi tubuh.      

Solopos.com, SOLO – Banyak berkeringat mungkin akan membuat Anda kesal, karena keringat salah satu penyebab timbulnya bau badan. Tapi tunggu dulu, keringat juga penting bagi kesehatan, karena berkeringat sama saja membuang kotoran dalam tubuh dan membuat kulit lebih bersinar.

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Kamis (7/4/2016), berkeringat memiliki banyak manfaat kesehatan. Berkeringat membantu menjaga tubuh kita untuk berfungsi lebih baik. Menurut penelitian, orang yang sering atau cepat berkeringat lebih sehat daripada orang yang susah berkeringat saat melakukan kegiatan.

Jadi, Anda jangan kesal dulu saat banyak berkeringat di tengah aktivitas. Apabila Anda jarang atau sulit berkeringat, lima hal kurang baik untuk kesehatan ini bisa terjadi.

1. Suhu Tubuh Tidak Stabil
Berkeringat merupakan mekanisme dalam tubuh yang mampu menstabilkan suhu tubuh. Perlu anda ketahui jika anda tidak berkeringat Anda berisiko terserang stroke.

2. Mudah Terserang Penyakit
Anda mungkin tidak tahu kalau berkeringat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Rupanya, berkeringat membantu tubuh kita untuk mengusir patogen berbahaya dalam tubuh, dan juga menyelamatkan kita dari berbagai penyakit. Bisa dibayangkan  kan kalau Anda jarang berkeringat?

3. Berisiko Kena Inveksi Kulit
Ketika berkeringat, pori-pori terbuka. Pada saat itu, kulit melepaskan racun-racun dan polutan penyebab inveksi kulit, seperti jerawat. Jadi, Anda sudah bisa membayangkan pentingnya keringat bukan?

4. Berisiko Kena Batu Ginjal
Berkeringat efektif dalam mengeluarkan kelebihan garam dalam tubuh. Jika tidak berkeringat, maka jumlah garam dan kalsium dalam tubuh meninggi. Hal itu menjadi penyebab pembentukan batu ginjal. Untuk membantu Anda berkeringat, minumlah banyak air putih.

5. Luka Sulit Sembuh
Tahukah Anda, Kelenjar keringat mengandung sel induk yang dapat membantu proses penyembuhan luka? Berkeringat sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, agar lebih cepat. Jadi, Anda pasti tahu apa akibatnya jika Anda susah berkeringat. (Dwi septiani Putri/JIBI/Solopos.com)

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…