Militan ISIS (Daily Star) Militan ISIS (Istimewa/Daily Star)
Selasa, 12 April 2016 01:10 WIB Tutut Indrawati/JIBI/Solopos Internasional Share :

TEROR ISIS
ISIS Kembali Kuasai Kota al-Rai

Teror ISIS terjadi ketika mereka kembali menguasai Kota al-Rai.

Solopos.com, DAMASKUS – Militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil kembali menduduki Kota al-Rai, Suriah,  Senin (11/4/2016).

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan Al-Rai sempat terlepas dari cengkeraman ISIS, setelah pemberontak dari Tentara Pembebasan Suriah  melancarkan serangan empat hari sebelumnya.

Pertempuran di kota yang berada di perbatasan dengan Turki tersebut menjadi bagian dari aksi ISIS dalam penguasaan kembali sejumlah wilayah di Provinsi Aleppo. ISIS selain menghadapi pasukan pemerintah yang didukung serangan udara koalisi juga bertempur melawan kelompok-kelompok pemberontak Suriah.

Pada satu sisi, banyak warga yang tinggal di kota-kota yang dikuasai ISIS kekurangan stok makanan, diantara di Kota Falluja, Irak. Kelompok Human Rights Watch (HRW) dalam laporannya 7 Maret lalu mengatakan ribuan orang di kota itu kekurangan pasokan makanan dan obat-obatan. Bahkan warga  membuat sup dari rumput untuk mengisi perut.

Sementara Juru Bicara Kementrian Pertahanan Irak, Naseer Nouri, menuding ISIS menggunakan warga sipil sebagai tameng untuk menangkal serangan pasukan pemerintah. Nouri lebih lanjut mengungkapkan pasukan Irak telah membuka tiga jalur pelarian warga. Meski demikian mereka diduga dicegat ISIS. Militan dikabarkan beberapa waktu lalu, memasang ranjau di area pintu masuk kota dan mencegah warga meninggalkan Falluja.

 

 

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….