News
Selasa, 12 April 2016 - 01:10 WIB

TEROR ISIS : ISIS Kembali Kuasai Kota al-Rai

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Militan ISIS (Istimewa/Daily Star)

Teror ISIS terjadi ketika mereka kembali menguasai Kota al-Rai.

Solopos.com, DAMASKUS – Militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil kembali menduduki Kota al-Rai, Suriah,  Senin (11/4/2016).

Advertisement

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan Al-Rai sempat terlepas dari cengkeraman ISIS, setelah pemberontak dari Tentara Pembebasan Suriah  melancarkan serangan empat hari sebelumnya.

Pertempuran di kota yang berada di perbatasan dengan Turki tersebut menjadi bagian dari aksi ISIS dalam penguasaan kembali sejumlah wilayah di Provinsi Aleppo. ISIS selain menghadapi pasukan pemerintah yang didukung serangan udara koalisi juga bertempur melawan kelompok-kelompok pemberontak Suriah.

Pada satu sisi, banyak warga yang tinggal di kota-kota yang dikuasai ISIS kekurangan stok makanan, diantara di Kota Falluja, Irak. Kelompok Human Rights Watch (HRW) dalam laporannya 7 Maret lalu mengatakan ribuan orang di kota itu kekurangan pasokan makanan dan obat-obatan. Bahkan warga  membuat sup dari rumput untuk mengisi perut.

Advertisement

Sementara Juru Bicara Kementrian Pertahanan Irak, Naseer Nouri, menuding ISIS menggunakan warga sipil sebagai tameng untuk menangkal serangan pasukan pemerintah. Nouri lebih lanjut mengungkapkan pasukan Irak telah membuka tiga jalur pelarian warga. Meski demikian mereka diduga dicegat ISIS. Militan dikabarkan beberapa waktu lalu, memasang ranjau di area pintu masuk kota dan mencegah warga meninggalkan Falluja.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif