Sejumlah bus sedang antre untuk menunggu penumpang di salah satu blok di Terminal Dhaksinarga. Senin (11/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja) Sejumlah bus sedang antre untuk menunggu penumpang di salah satu blok di Terminal Dhaksinarga. Senin (11/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 12 April 2016 01:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

TERMINAL DHAKSINARGA
Kewenangan Terminal Selang Diambil Pusat

Terminal Dhaksinarga, pengelolaan langsung oleh pusat.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten tidak akan lagi memiliki kewenangan terhadap pengelolaan Terminal Dhaksinarga, di Desa Selang, Wonosari. Kebijakan ini tidak hanya berlaku di Gunungkidul, sebab seluruh terminal dengan tipe A akan dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelayanan Teknis Terminal Dhaksinarga Suprapto membenarkan adanya rencana pengambialihan terminal oleh pemerintah. Saat ini proses serah terima sedang berlangsung dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun ini.

Menurut dia, pengambilalihan kewenangan ini diberlakukan berdasarkan pada Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Suprapto mengatakan, jika proses Pelimpahan Kewenangan Personel, Pendanaan sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) sudah selesai dilakukan maka pemkab tidak lagi memiliki kewenangan untuk mengelola Terminal Selang, sebutan lain dari Dhaksinarga.

“Masih dalam proses dan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan terus dilakukan,” kata Suprapto saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (11/4/2016).

Dia menjelaskan, pengambilalihan terminal bukan hanya terjadi di Gunungkidul. sebab seluruh terminal dengan tipe A di Indonesia pengelolaanya akan ditangani oleh pemerintah.

“Kita tidak bisa menolak karena ini sudah menjadi kewenangan di pusat,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…