Timnas Prancis (Euronews)
Selasa, 12 April 2016 09:30 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Profil Tim Share :

Peta Kekuatan Skuat Timnas Prancis

Timnas Prancis akan berlaga di Piala Eropa 2016.

Solopos.com, SOLO – Timnas Prancis tak bisa berbicara banyak di sejumlah kompetisi level atas dalam beberapa tahun terakhir. Tim Ayam Jantan lebih banyak tersingkir di babak perempatfinal.

Prestasi kali terakhir yang diraih Timnas Prancis adalah kala menjuarai Piala Eropa 2000. Saat itu, Prancis berhasil menjadi negara pertama yang mengawinkan Piala Dunia dengan Piala Eropa. Ya, sebelumnya Prancis berhasil menjadi juara 1998.

Kini prestasi itu bisa diulang Spanyol yang mampu menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Di ajang Piala Eropa sendiri Prancis sudah dua kali merengkuh gelar juara. Selain gelaran Piala Eropa 2000 di Belanda dan Belgia, Prancis pernah menjadi kampiun di Piala Eropa 1984 kala mereka menjadi tuan rumah.

Prancis yang kala itu masih diperkuat Michael Platini menang 2-0 atas Spanyol di babak final. Platini menjadi pencetak gol terbanyak di ajang tersebut dengan sembilan gol. Salah satu gol ia cetak di babak final.

Memori 1984 tentu ingin diulangi lagi oleh Timnas Prancis. Menjadi tuan rumah akan sangat menguntungkan mengingat banyak publik tuan rumah yang akan mendukung. Terlebih skuat Prancis kini dihuni oleh nama-nama potensial.

Tim besutan Didier Deschamp itu mengkombinasikan pemain muda dengan pemain berpengalaman. Anthony Martial dan Kingsley Coman menjadi dua nama muda yang cukup menarik perhatian. Belum lagi Dimitri Payet yang bersinar bersama West Ham.

jangan lupakan Paul Pogba yang menjadi jenderal lapangan Juventus. Di Juve, gelandangn nyentrik itu cukup berprestasi dan membawanya masuk dalam tim terbaik Ballon d’Or 2015. Tak lupa pula striker Antonie Griezmann yang menjadi andalan di Atletico Madrid.

Di Piala Eropa 2016, Prancis tergabung dalam grup A. Dia akan bersaing dengan Rumania, Albania, dan Swiss. Di atas kertas, Prancis lebih diunggulkan dari ketiga tim tersebut.

Tapi mereka tak boleh jemawa jika tidak ingin mengulang memori kelam Piala Dunia 2002. Saat itu Prancis berstatus sebagai juara bertahan. Tapi mereka justru angkat koper lebih dulu dan harus tersingkir di babak penyisihan.

Menjelang Euro 2016, Prancis telah melakukan persiapan dengan baik. Dua laga uji coba terkahir bisa dimenangkan mereka, yakni mengalahkan Belanda 3-2 dan menghajar Rusia 4-2.

Berikut skuat sementara Timnas Prancis yang akan dibawa ke Piala Eropa 2016.

Kiper: H. Lloris, S. Mandanda, B. Costil

Belakang: C. Jallet, L. Digne, R. Varane, P. Evra, L. Koscielny, M. Sakho, B. Sagna, J. Mathieu

Tengah: B. Matuidi, P. Pogba, N. Kante, D. Payet, L. Diarra, Y. Cabaye, M. Sissoko

Depan: A. Martial, K. Coman, O. Giroud, A. Gignac, A. Griezmann

Pelatih: Didier Deschamp

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…