Sesepuh Sentana Dalem KPH. Notoatmodjo melepas keris yang dikenakan Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo kemudian mengganti dan memasangkan keris Kyai Bontit dalam upacara Jumeneng Dalem KGPAA. Paku Alam X di Bangsal Sewatama, Kopleks Pura Pakualaman , Jogja, Kamis (7/1/2016). Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo dinobatakan menjadi KGPAA Paku Alam X menggantikan sang ayah KGPAA Paku Alam IX yang wafat pada Noember 2015. (Desi Suryanto/Harian Jogja) Sesepuh Sentana Dalem KPH. Notoatmodjo melepas keris yang dikenakan Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo kemudian mengganti dan memasangkan keris Kyai Bontit dalam upacara Jumeneng Dalem KGPAA. Paku Alam X di Bangsal Sewatama, Kopleks Pura Pakualaman , Jogja, Kamis (7/1/2016). Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo dinobatakan menjadi KGPAA Paku Alam X menggantikan sang ayah KGPAA Paku Alam IX yang wafat pada Noember 2015. (Desi Suryanto/Harian Jogja)
Selasa, 12 April 2016 07:20 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PENGISIAN WAKIL GUBERNUR DIY
13 April Pansus Pengisian Wagub Ditetapkan

Pengisian Wakil Gubernur DIY tunggu penetapan.

Solopos.com, JOGJA –– Ketua Dewan DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana Senin (11/4/2016) mengatakan pihaknya sudah menerima seluruh daftar usulan anggota Pansus Penetapan Wakil Gubernur DIY. Awalnya kemarin Pansus itu sudah akan ditetapkan. Setelah beberapa pertimbangan mereka menunda dua hari penetapan Pansus.

“Alasannya Badan Musyawarah ingin membentuk jadwal yang lebih mendetail. Untuk penetapan ini tidak perlu rapat paripurna, cukup dengan Keputusan Pimpinan Dewan, jadi besok tinggal diumumkan,” beber Yoeke.

Selanjutnya setelah diumumkan, Pansus akan segera berkirim surat dengan Pura Pakualaman. Surat itu berisi permintaan untuk menyampaikan berkas yang dibutuhkan untuk pengisian jabatan Wagub.

Pura Pakualaman diberi waktu selama tiga hari kerja untuk melengkapi berkas yang diperlukan. Senin pekan depan berkas yang dibutuhkan sudah harus berada di tangan Pansus untuk segera diverifikasi.

“Selama 14 sampai 15 kita tidak kosong. Pansus akan berkunjung ke Sekretariat Negara untuk berkoordinasi tentang pelantikan,” kata legislator dari PDI Perjuangan ini.

Setelah berkas masuk, Pansus akan memiliki waktu empat hari untuk memverifikasi berkas. Bila tak ada masalah 21 April mendatang sudah akan ada hasil verifikasi dan akan dilanjutkan dengan penyerahan hasil verifikasi kepada Pimpinan Dewan untuk diparipurnakan 26 April.

Untuk verifikasi berkas nantinya pansus akan melibatkan langsung pihak Pura Pakualaman. Mereka akan memanggil  Penghageng Kawedanan Hageng Kasentanan Kadipaten Pakualaman untuk memastikan Paku Alam X yang akan mengisi jabatan Wakil Gubenur DIY adalah sosok yang sah sesuai paugeran di Kadipaten pakualaman.

Penghageng Kawedanan Hageng Kasentanan Kadipaten Pakualaman Tjondrokusumo sebelumnya mengatakan pihaknya akan siap memenuhi permintaan DPRD DIY baik untuk menyerahkan dan memenuhi berkas yang dibutuhkan maupun memberikan keterangan terkait keabsahan PA X. Menurutnya selama permintaan itu sesuai dengan UU Keistimewaan maka merka akan siap memenuhi panggilan.

“Bila memang diminta untuk hadir tentu kami siap,” kata dia.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…