Jogja
Selasa, 12 April 2016 - 23:20 WIB

PASAR TRADISIONAL GUNUNGKIDUL : Pembangunan Pasar Semin Telan Belasan Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Atraksi kesenian jathilan ikut menyemarakan peresmian Pasar Semin. Selasa (12/4/2016) (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Pasar tradisional Gunungkidul masih dalam tahapan penyempurnaan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul meresmikan keberadaan Pasar Semin, Selasa (12/4/2016). Anggaran yang digunakan membangun ulang paska-kebakaran di akhir 2013 mencapai belasan miliar.

Advertisement

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunungkidul Widagdo mengatakan, pembiayaan pembangunan Pasar Semin ditanggung secara tripartit antara pemkab, Pemerintah DIY dan Pemerintah Pusat. jika ditotal anggaran untuk pembangunan ulang ini mencapai belasan miliar rupiah.

“Sudah banyak dan saat ini kami masih mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan,” kata Widagdo kepada Harianjogja.com, di sela-sela acara persemian Pasar Semin, Selasa kemarin.

(Baca Juga : PASAR TRADISIONAL GUNUNGKIDUL : Pedagang Mulai Tempati Kios Baru di Pasar Semin)

Advertisement

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunungkidul Widagdo menjelaskan, di tahun pertama pembangunan alokasi anggaran yang tersedia sebesar Rp1,650 miliar yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi dan dana pendampingan APBD kabupaten. Dana yang tersedia belum bisa untuk menyelesaikan seluruh bangunan pasca kebakaran.

Program lanjutan pembangunan dilakukan di 2015. Total anggaran yang tersedia sekitar Rp10,5 miliar. Rinciannya Rp5,5 miliar bersumber dari bantuan keuangan provinsi dan dana pendampingan APBD kabupaten. Sedangkan sisanya Rp5 miliar merupakan tugas pembantuan dari Pemerintah Pusat.

“Pasca-kebakaran, kami terus melakukan berbagai upaya untuk dapat mengembalikan geliat pasar dengan melakukan perbaikan sarana prasarana pasar dengan cara bertahap,” ungkap mantan Camat Wonosari ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif