Kawasan sesar opak di Dusun Kembangsongo, Trimulyo, Jetis, Bantul merupakan kawasan bersejarah yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat dan hingga saat ini masih banyak oknum-oknum yang melakukan penambangan batu di kawasan tersebut. Foto diambil senin (11/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja) Kawasan sesar opak di Dusun Kembangsongo, Trimulyo, Jetis, Bantul merupakan kawasan bersejarah yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat dan hingga saat ini masih banyak oknum-oknum yang melakukan penambangan batu di kawasan tersebut. Foto diambil senin (11/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 12 April 2016 08:20 WIB Yudho Primbodo/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

KERUSAKAN LINGKUNGAN
Berusia Jutaan Tahun, Sesar Opak Justru Dirusak

Kerusakan lingkungan terjadi di Jetis, Bantul.

Solopos.com, BANTUL- Batuan sedimen yang ada di kawasan Sesar Opak Dusun Kembangsongo, Trimulyo, Jetis, Bantul berusia jutaan tahun. Sayang banyak warga yang belum mengetahui hal ini.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) `Veteran` Yogyakarta Sari Bahagiarti mengatakan sampai saat ini masyarakat banyak yang tidak mengetahui sesar opak di Kembangsongo tersebut memiliki sejarah.

“Masyarakat belum banyak yang menyadari potensi dari kawasan sesar opak, kawasan ini justru banyak yang merusak dengan aktivitas penambangan yang hanya menguntungkan satu pihak,” katanya saat menerima kunjungan Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara napak tilas gempa Jogja, Sabtu (9/4/2016).

Sosialisasi memang harus terus dilakukan oleh Pemkab setempat, agar masyarakat juga mengetahui dan menyadari potensi besar yang dimiliki oleh kawasan tersebut.

“Lebih penting lagi adanya semacam keterangan dan berbagai sosialisasi bagi masyarakat, atau bisa dengan memasang papan keterangan yang memberitahukan kawasan tersebut kawasan bersejarah dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
HUMAN RESOURCE DEPARTMENT MANAGER, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…