Logo Piala Eropa 2016 (JIBI/Harian Jogja/UEFA) Logo Piala Eropa 2016 (JIBI/Harian Jogja/UEFA)
Selasa, 12 April 2016 09:10 WIB JIBI/Solopos.com Trivia Share :

Inilah Sejarah Piala Eropa

Piala Eropa 2016 segera bergulir. tak ada salahnya menegok sejarahnya.

Solopos.com, SOLO – Piala Eropa 2016 menjadi salah satu event akbar sepak bola di dunia. Turnamen yang mempertemukan negara-negara di Benua Biru itu tak kalah ramai dengan Piala Dunia. Pasalnya sejumlah negara dengan kualitas sepak bola yang mumpuni akan turut serta.

Mengenai Piala Eropa 2016, ternyata turnamen ini memiliki sejarah panjang. Bahkan sang pencetus tak bisa melihat ajang ini digelar untuk kali pertama. Ya sang pencetus itu adalah Henri Delaunay. Henri merupakan pria Prancis yang menjabat sebagai sekretaris UEFA pada 1927.

Seperti dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, Henri merupakan penggagas turnamen Piala Eropa. Pada 1927, dia bersama pejabat besar Austria, Hugo Meisl, mengajukan proposal kepada Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA, untuk mengadakan Euro Cup. Mereka ingin menciptakan turnamen sepak bola dunia di kancah Eropa yang mirip dengan Piala Dunia.

Henri Delaunay (UEFA.com)

Henri Delaunay (UEFA.com)

Namun gagasan Henri itu harus terpendam hingga 1954. Henri mengajukan kembali idenya tersebut pada pembentukan perdana UEFA di Basel tahun 1954. Dia menjelaskan bahwa idenya mempunyai sistem kompetisi terbuka untuk semua asosiasi Eropa. Turnamen tersebut menggunakan sistem kompetisi kualifikasi setiap dua tahun seperti Piala Dunia.

Para petinggi pun sempat khawatir jika turnamen ini akan menyaingi Piala Dunia. Namun Henri menegaskan turnamen Euro ini tidak akan mengancam popularitas Piala Dunia. Tunamen ini juga bukan kompetisi reguler dengan sistem pertandingan secara terus-menerus dan bertanding dengan tim yang sama dalam beberapa pertandingan.

Setiap tim tidak diharuskan melawan tim yang sama dalam kelompok yang sama pula, karena mereka akan melakukannya dengan sistem undian. Sebelum turnamen itu dapat terselenggara, Henri meninggal dunia pada 1955. Lalu kemudian putranya, Pierra Delaunay, bergabung dengan media Prancis untuk meneruskan impian ayahnya tersebut.

Pierra kemudian ditunjuk sebagai Sekretaris UEFA untuk menggantikan ayahnya. Dia pun kemudian berhasil mewujudkan impian ayahnya itu dengan terselenggaranya Euro untuk kali pertama pada 1960. Turnamen tersebut awalnya diberi nama European Nations Cup, namun pada 1968 kemudian diganti menjadi UEFA European Championship, atau sekarang yang biasa dikenal dengan Euro.

Kemudian untuk memperingati jasa ayahnya, hadiah turnamen tersebut pun dinamai Trofi Henri Delaunay. Trofi tersebut dibuat untuk mengakui Henri yang telah berjasa menciptakan kompetisi Eropa yang luar biasa. Pertandingan kualifikasi pertama pun dimulai pada 28 September 1958 di Stadion Central Moscow yang mempertemukan Uni Soviet dengan Hungaria.

Hingga kini turnamen Euro menjadi salah satu turnamen besar yang sangat dinantikan banyak orang. Tidak hanya dalam kancah Euro namun juga dunia. Seperti halnya Piala Dunia, Piala Eropa juga digelar empat tahun sekali dengan melibatkan 54 negara di babak kualifikasi. Negara-negara tersebut memperebutkan 24 tempat di putaran final. (Claudia Noventa/JIBI/Solopos.com)

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Vaksinasi dan Herd Immunity

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (16/12/2017). Esai ini karya Riris Andono Ahmad, Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Solopos.com, SOLO–Heboh outbreak penyakit difteri dan rendahnya cakupan imunisasi karena penolakan kelompok anti vaksin menimbulkan keresahan…