Ilustrasi langit berwarna biru (science-all.com) Ilustrasi langit berwarna biru (science-all.com)
Selasa, 12 April 2016 00:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

HASIL PENELITIAN
Mengapa Langit Berwarna Biru?

Hasil penelitian mengungkap penyebab kenapa langit berwarna biru.

Solopos.com, SOLO – Langit menjadi pemandangan yang setiap hari kita lihat. Tapi, pernahkah Anda berpikir mengapa langit berwarna biru dan terkadang merah?

Sinar matahari mengandung semua warna yang ada. Warna itu adalah spektrum matahari yang terlihat. Warna-warna tersebut bisa berupa biru, violet, hingga merah.

Ketika sinar matahari menembus atmosfer seperti dikutip Okezone dari science-niblets, Minggu (10/4/2016), sinar itu akan terhamburkan melalui partikel dan molekul udara kecil. Fenomena ini terjadi secara acak dan tersebar ke berbagai arah.

Di udara bersih, ada beberapa partikel, sehingga cahaya akan tersebar terutama oleh nitrogen dan oksigen. Molekul udara sendiri menghamburkan cahaya biru lebih kuat dari lampu merah.

Lantaran cahaya biru akan tersebar dengan molekul lebih dari warna lain cahaya, cahaya yang mencapai mata manusia mengandung lebih biru. Jika langit tidak biru di siang hari, itu berarti udara berdebu atau berkabut.

Saat melihat langit kala matahari terbenam warna langit akan berubah. Sinar matahari melakukan perjalanan lebih jauh melalui atmosfer Bumi akibatnya warna biru akan tersebar jauh dan warna yang tidak tersebar yakni merah dapat lebih terlihat.

lowongan pekerjaan
Kami Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…