Ilustrasi langit berwarna biru (science-all.com) Ilustrasi langit berwarna biru (science-all.com)
Selasa, 12 April 2016 00:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

HASIL PENELITIAN
Mengapa Langit Berwarna Biru?

Hasil penelitian mengungkap penyebab kenapa langit berwarna biru.

Solopos.com, SOLO – Langit menjadi pemandangan yang setiap hari kita lihat. Tapi, pernahkah Anda berpikir mengapa langit berwarna biru dan terkadang merah?

Sinar matahari mengandung semua warna yang ada. Warna itu adalah spektrum matahari yang terlihat. Warna-warna tersebut bisa berupa biru, violet, hingga merah.

Ketika sinar matahari menembus atmosfer seperti dikutip Okezone dari science-niblets, Minggu (10/4/2016), sinar itu akan terhamburkan melalui partikel dan molekul udara kecil. Fenomena ini terjadi secara acak dan tersebar ke berbagai arah.

Di udara bersih, ada beberapa partikel, sehingga cahaya akan tersebar terutama oleh nitrogen dan oksigen. Molekul udara sendiri menghamburkan cahaya biru lebih kuat dari lampu merah.

Lantaran cahaya biru akan tersebar dengan molekul lebih dari warna lain cahaya, cahaya yang mencapai mata manusia mengandung lebih biru. Jika langit tidak biru di siang hari, itu berarti udara berdebu atau berkabut.

Saat melihat langit kala matahari terbenam warna langit akan berubah. Sinar matahari melakukan perjalanan lebih jauh melalui atmosfer Bumi akibatnya warna biru akan tersebar jauh dan warna yang tidak tersebar yakni merah dapat lebih terlihat.

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…