Ngatirah, pedagang Pasar Gawok, Wates, Kulonprogo melayani konsumen yang membeli bawang merah, Senin (11/4/2016). Dia mengungkapkan, harga bawang merah saat ini mencapai Rp40.000 per kilogram. (Rima Sekaranai I.N/JIBI/Harian Jogja) Ngatirah, pedagang Pasar Gawok, Wates, Kulonprogo melayani konsumen yang membeli bawang merah, Senin (11/4/2016). Dia mengungkapkan, harga bawang merah saat ini mencapai Rp40.000 per kilogram. (Rima Sekaranai I.N/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 12 April 2016 04:20 WIB Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

HARGA KEBUTUHAN POKOK
Harga Bawang Merah Stabil Tinggi, Apa Penyebabnya?

Harga kebutuhan pokok untuk bawang merah kembali naik.

Solopos.com, KULONPROGO-Setidaknya selama sebulan terakhir, harga bawang merah stabil tinggi pada kisaran Rp40.000 per kilogram (kg). Kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium pada awal April kemarin disebut tidak memberikan pengaruh.

Pantauan Harianjogja.com di Pasar Gawok, Wates, Kulonprogo, Senin (11/4/2016), harga bawang merah kualitas dipatok Rp40.000 per kg. Khusus bawang merah yang berukuran agak kecil, pedagang menawarkan harga yang sedikit lebih miring, yaitu Rp35.000.

“Itu harganya sudah lama segitu, kira-kira sebulan,” kata seorang pedagang, Ngatirah.

Ngatirah mengungkapkan, sebelum melonjak jadi Rp40.000, bawang merah bertahan cukup lama pada harga Rp20.000 hingga Rp25.000 per kg. Dia mengaku tidak tahu penyebab kenaikan harga. Dia hanya tahu jika harga memang akan naik saat stok menipis.

Turunnya harga BBM pada awal bulan ini ternyata tidak membuat harga bawang merah ikut merendah. Ngatirah pun tidak tahu kapan harga bakal turun. Dia juga sudah pasrah dengan daya beli konsumen yang sempat lesu pada awal kenaikan harga. Jika ada yang menawar, Ngatirah tidak berani memberikan harga yang lebih murah karena tidak ingin merugi. Meski begitu, dia berpendapat pada akhirnya konsumen hanya perlu beradaptasi dan berbelanja sesuai kebutuhan.

Ngatirah lalu menambahkan, kenaikan harga juga terjadi pada bawang putih. Namun, selisihnya tidak signifikan, yaitu dari Rp25.000 menjadi Rp30.000 per kg.

“Kalau harga cabai merah dan hijau lagi murah, rata-rata Rp12.000 per kg. Itu juga sudah lama,” ujar dia.

lowongan pekerjaan
EDITOR MATEMATIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…