Teknologi
Selasa, 12 April 2016 - 02:00 WIB

APLIKASI TERBARU : Inilah 5 Aplikasi Lokal Khusus Petani Digital

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peluncuran Aplikasi Petani (Detik)

Aplikasi terbaru untuk petani resmi diluncurkan di Brebes.

Solopos.com, BREBES — Ada lima aplikasi terbaru buatan lokal yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada para petani dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Advertisement

Seperti dipaparkan oleh Rudiantara, lima aplikasi terbaru tersebut adalah Petani, TaniHub, LimaKilo, PantauHarga, dan satu lagi ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative. “Semua aplikasi ini buatan teman-teman startup,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu seperti dilansir Detik, Senin (11/4/2016).

Aplikasi terbaru Petani adalah layanan informasi terkini terkait solusi permasalahan pertanian, forum online dengan sesama petani lain dari seluruh kawasan di Indonesia.

Melalui aplikasi terbaru Petani mereka bisa memperoleh informasi mengenai tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan petani dan berita-berita seputar agrobisnis.

Advertisement

Kemudian, ada juga fitur Toko di Petani Apps untuk Membuka Pasar Petani dalam rangka aktivasi platform e-commerce pertanian pertama di Indonesia secara langsung dengan petani, fitur lapor pupuk seperti harga pupuk dan lokasi penjualan dari berbagai daerah di Indonesia, fitur lapor panen.

Sedangkan aplikasi terbaru TaniHub adalah layanan mendistribusikan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari daerah-daerah ke kota-kota. Layanan ini sudah berjalan untuk pertanian dan perkebunan dari Cianjur yang dikemas dan dijual untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan system delivery untuk pesanan berapa saja minimal 1 kilometer.

Sementara aplikasi terbaru LimaKilo adalah layanan platform yang memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke semua orang dengan harga yang lebih kompetitif. Saat ini melayani distribusi hasil panen ke kota-kota wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

Advertisement

Selanjutnya, aplikasi terbaru Pantau Harga adalah layanan platform market untuk tawar-menawar, melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani dan penjualan dari petani kepada konsumen.

Aplikasi terbaru Pantau Harga memungkinkan adanya pemantauan harga sehingga memudahkan dalam melakukan interaksi karena ada basis data harga yang menjadi acuan. Khusus untuk Nurbaya Initiatives merupakan platform yang disediakan bagi kalangan pelaku ekonomi rakyat baik petani dan UKM.

Pelaku usaha rakyat dapat membuat platform pernjualan hasil-hasilnya dan mendapat bantuan penuh dari Tim Nurbaya mulai dari penyiapan awal sampai kepada kemampuan menjual. Layanan ini sebagai one-stop-service bagi UKM dan petani.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif