Peluncuran Aplikasi Petani (Detik) Peluncuran Aplikasi Petani (Detik)
Selasa, 12 April 2016 02:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internet Share :

APLIKASI TERBARU
Inilah 5 Aplikasi Lokal Khusus Petani Digital

Aplikasi terbaru untuk petani resmi diluncurkan di Brebes.

Solopos.com, BREBES — Ada lima aplikasi terbaru buatan lokal yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada para petani dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Seperti dipaparkan oleh Rudiantara, lima aplikasi terbaru tersebut adalah Petani, TaniHub, LimaKilo, PantauHarga, dan satu lagi ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative. “Semua aplikasi ini buatan teman-teman startup,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu seperti dilansir Detik, Senin (11/4/2016).

Aplikasi terbaru Petani adalah layanan informasi terkini terkait solusi permasalahan pertanian, forum online dengan sesama petani lain dari seluruh kawasan di Indonesia.

Melalui aplikasi terbaru Petani mereka bisa memperoleh informasi mengenai tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan petani dan berita-berita seputar agrobisnis.

Kemudian, ada juga fitur Toko di Petani Apps untuk Membuka Pasar Petani dalam rangka aktivasi platform e-commerce pertanian pertama di Indonesia secara langsung dengan petani, fitur lapor pupuk seperti harga pupuk dan lokasi penjualan dari berbagai daerah di Indonesia, fitur lapor panen.

Sedangkan aplikasi terbaru TaniHub adalah layanan mendistribusikan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari daerah-daerah ke kota-kota. Layanan ini sudah berjalan untuk pertanian dan perkebunan dari Cianjur yang dikemas dan dijual untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan system delivery untuk pesanan berapa saja minimal 1 kilometer.

Sementara aplikasi terbaru LimaKilo adalah layanan platform yang memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke semua orang dengan harga yang lebih kompetitif. Saat ini melayani distribusi hasil panen ke kota-kota wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

Selanjutnya, aplikasi terbaru Pantau Harga adalah layanan platform market untuk tawar-menawar, melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani dan penjualan dari petani kepada konsumen.

Aplikasi terbaru Pantau Harga memungkinkan adanya pemantauan harga sehingga memudahkan dalam melakukan interaksi karena ada basis data harga yang menjadi acuan. Khusus untuk Nurbaya Initiatives merupakan platform yang disediakan bagi kalangan pelaku ekonomi rakyat baik petani dan UKM.

Pelaku usaha rakyat dapat membuat platform pernjualan hasil-hasilnya dan mendapat bantuan penuh dari Tim Nurbaya mulai dari penyiapan awal sampai kepada kemampuan menjual. Layanan ini sebagai one-stop-service bagi UKM dan petani.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…