Jogja
Senin, 11 April 2016 - 22:20 WIB

UJIAN NASIONAL : Lagi, Soal Beredar Dalam Grup LINE Muncul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyimpanan soal UN SD di Mapolres Tulungagung, Selasa (12/5/2015). (ilustrasi/JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Ujian nasional mengenai percakapan soal kembali ditemukan.

Harianjogja.com, JOGJA-Foto soal Ujian Nasional (UN) 2016 yang beredar dalam grup percakapan LINE kembali muncul.  menjadi laporan kecurangan dalam pelaksanaan UN. Bahkan selain puluhan butir soal, muncul pula foto soal beserta pembahasan dan jawaban dalam grup tersebut.

Advertisement

Asisten Ombudsman Republik Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah Muhammad Rifki pada Senin (11/4/2016) menyatakan laporan tersebut diterima oleh ORI, sekitar pukul 10.00 WIB, dari empat orang siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Jogja. Dua di antara mereka telah membawa serta sejumlah barang bukti foto yang beredar dalam media sosial besutan Jepang tersebut.

Puluhan soal yang dilaporkan merupakan soal UN berbasis kertas. Terdiri dari sekitar 31 foto soal dan soal dengan pembahasan beserta jawaban, berasal dari tiga mata pelajaran, yakni tujuh foto soal kimia, sembilan foto soal biologi, satu foto soal matematika beserta pembahasan hingga jawaban, 13 foto soal matematika, satu foto soal fisika.

Berdasarkan keterangan pelapor yang enggan disebut namanya itu, diketahu pelapor mendapatkan foto soal Kimia UN berbasis kertas sehari sebelum jadwal ia mengerjakan soal Kimia UNBK. Ia tidak mempelajari foto soal tersebut, tetapi setelah selesai mengerjakan UNBK Kimia, ia melihat soal yang ia kerjakan sama dengan yang sudah tertera pada foto.

Advertisement

“Tidak diketahui pasti foto diambil sebelum atau sesudah UN berbasis kertas itu berlangsung, hanya terlihat foto diunggah pada pukul 19:36 WIB. Tapi yang jelas, tidak dibenarkan untuk mengambil foto soal, apalagi selama UN berlangsung,” ujarnya, di sela temu media di kantor ORI DIY.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif