UNSusulan
Senin, 11 April 2016 15:15 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL
Enam Peserta UN di Solo Ikut Ujian Susulan

Ujian Nasional, ada enam siswa yang mengikuti UN susulan.

Solopos.com, SOLO–Panitia Ujian Nasional (UN) 2016 Kota Solo menggelar UN Susulan untuk SMA/SMK pelaksana UN berbasis kertas dan SMK pelaksana UN berbasis komputer (UNBK) yang dijadwalkan mulai Senin-Rabu (11-13/4/2016). Hari pertama UN Susulan digelar, Senin, diikuti sebanyak enam siswa.

Ditemui wartawan di kantornya, Senin, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Budi Setiono, yang juga Panitia UN 2016 Kota Solo, menjelaskan, enam peserta UN Susulan tersebut terdiri atas satu siswa yang berasal dari satu SMK pelaksana UNBK, tiga siswa dari SMK pelaksana UN berbasis kertas, dan dua siswa dari SMA pelaksana UN berbasis kertas.

“UN Susulan kali ini diikuti peserta dari SMK pelaksana UNBK, serta dari SMA dan SMK pelaksana UN berbasis kertas. Bagi peserta UNBK, mengikuti UN susulan di sekolahnya sendiri. Sebab ini terkait sinkronisasi oleh proktor di sekolah asal siswa tersebut yang hanya bisa dilakukan di sekolah terkait. Sedangkan peserta UN berbasis kertas, yang dari SMA mengikuti UN susulan di SMAN 1 sementara dari SMK mengikuti UN susulan di SMKN 2. Naskah soal UN Susulan untuk peserta UN berbasis kertas diambil di Kantor Disdikpora,” paparnya.

Satu peserta UN Susulan dari SMK pelaksana UNBK adalah siswa SMK Kristen 2 Solo.

Budi menambahkan UN di SMA pelaksana UNBK masih berlangsung hingga Selasa (12/4/2016) ini, sehingga UN Susulan untuk peserta dari SMA pelaksana UNBK tersebut dijadwalkan mulai Senin (18/4/2016) sampai Rabu (20/4/2016).

Sesuai jumlah peserta dan mata pelajaran (mapel) yang diikuti dalam UN Susulan, untuk SMK pelaksana UNBK maupun pelaksana UN berbasis kertas, mengikuti ujian Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia pada sesi pertama dan Matematika pada sesi kedua. Sedangkan Selasa ini, dijadwalkan Mapel Bahasa Inggris pada sesi pertama dan Teori Kejuruan pada sesi kedua.

Sedangkan untuk peserta dari SMA pelaksana UN berbasis kertas, jadwal Mapel yang diujikan yakni Bahasa Indonesia pada sesi pertama, kemudian di sesi kedua untuk Jurusan IPA yaitu Kimia, Jurusan IPS yaitu Geografi dan Jurusan Bahasa yaitu Sastra Indonesia.

Budi menambahkan para peserta yang mengikuti UN Susulan adalah peserta yang tidak mengikuti UN Utama karena sakit. Sementara yang tidak mengikuti, karena mereka memang sudah keluar dari sekolah mereka (drop out).

Dalam pelaksanaan UN Susulan, jumlah pengawas untuk UN berbasis kertas sebanyak dua orang, sedangkan untuk UNBK ada satu pengawas dan satu proktor.

“Jadi pengawasan ujian susulan ini dilaksanakan sama dengan UN Utama,” jelas dia.

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…