News
Senin, 11 April 2016 - 09:40 WIB

TARIF LISTRIK : Subsidi 900 VA Dicabut, Pelanggan 1.300 VA Melonjak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Dok.)

Tarif listrik mulai 1 Juni nanti akan berubah.

Solopos.com, SOLO — Rencana pencabutan subsidi bagi pelanggan 900 VA diprediksi akan memicu migrasi pelanggan ke daya 1.300 VA. Potensi itu diperkuat dengan pembebasan biaya tambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA yang berlaku hingga Desember 2016.

Advertisement

Sebelumnya, PLN Area Surakarta menargetkan ada 13.671 pelanggan yang memanfaatkan kebijakan tambah daya gratis hingga akhir Mei.

Asisten Manager (Asmen) Transaksi Energi PLN Area Surakarta, F. Joko Is Praptono, mengatakan potensi penambahan daya dari 900 VA ke 1.300 VA ini cukup besar karena jumlah pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA di Area Surakarta sekitar 440.900 pelanggan. Menurut dia, animo masyarakat saat ini sangat tinggi.

”Program tambah daya gratis ini untuk mendorong pengguna konsumsi listrik tinggi, yakni jam nyala di atas 350 jam. Hal ini juga merupakan kesempatan yang bisa dimanfaatkan bebas biaya tambah daya,” ungkap Joko saat ditemui wartawan di Kantor PLN Area Surakarta, Jumat (1/4/2016).

Advertisement

Dia mengungkapkan sosialisasi gencar dilakukan supaya lebih banyak masyarakat yang tahu dan memanfaatkan fasilitas ini. Dia mengatakan sosialisasi dilakukan melalui spanduk dan brosur yang disebar di berbagai lokasi strategis.

Sementara itu, pemenuhan permintaan pelanggan besar terus bertambah. Menurut dia, penambahan pelanggan besar awalnya berada di Palur, Karanganyar. Namun saat ini mulai menyebar di wilayah Sragen dan Sukoharjo. Kebanyakan penambahan pelanggan besar yang dilayani ini merupakan perusahaan tekstil dan produk tekstil (TPT) yang merupakan pindahan dari Jakarta atau ekspansi bisnis.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Tarif Listrik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif