Suasana pelaksanaan UNBK di SMK Muhammadiyah 2 Playen, Senin (4/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja) Suasana pelaksanaan UNBK di SMK Muhammadiyah 2 Playen, Senin (4/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 11 April 2016 04:20 WIB JIBI/Harian Jogja/Newswire Kota Jogja Share :

SEKOLAH DI JOGJA
Kebutuhan Komputer Tak Bisa Dipenuhi, Sekolah Siapkan Rencana Cadangan

Sekolah di Jogja mulai mempersiapkan UNBK 2017 salah satunya mempersiapkan komputer

Solopos.com, JOGJA- Dua SMP negeri di Kota Jogja yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) awal Mei 2016 menyiapkan rencana cadangan apabila kebutuhan komputer tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah.

“Dua sekolah itu masih kekurangan komputer dan sampai saat ini, lelang pengadaan komputer masih berjalan karena lelang pertama gagal dan harus dilelang ulang. Jika lelang kembali gagal, maka sekolah pun harus memiliki rencana cadangan agar UNBK tetap bisa dilakukan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana, Minggu (10/4/2016).

Menurut dia, rencana cadangan yang disiapkan dua SMP yaitu SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 8 Jogja adalah dengan mengumpulkan laptop atau komputer jinjing dari orang tua siswa untuk memenuhi kebutuhan komputer.

Di dua sekolah tersebut, rata-rata kekurangan sekitar 40 unit komputer agar ujian nasional berbasis komputer bisa diselenggarakan dalam dua sesi saja.

“Jika dilaksanakan dalam tiga sesi, kebutuhan komputer sebenarnya sudah bisa dipenuhi. Namun, kasihan dengan peserta ujian karena harus pulang terlalu sore,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Edy mengatakan tanggapan orang tua atau wali murid untuk membantu mencukupi kebutuhan komputer untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer cukup tinggi.

“Di kedua sekolah masing-masing sudah terkumpul lebih dari jumlah komputer yang dibutuhkan. Komputer yang terkumpul sedang dalam proses “screening” dan “sinkronisasi”,” katanya.

Selain di dua SMP negeri, ujian nasional berbasis komputer akan dilakukan di SMP Stella Duce I. Namun, pemerintah hanya bisa melakukan intervensi di sekolah negeri.

“Tahun ini, memang baru dua SMP negeri yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer. Harapannya, seluruh sekolah di Kota Jogja bisa menjalankan UNBK pada 2017.

Total kebutuhan komputer agar semua sekolah negeri bisa menjalankan UNBK adalah 1.112 unit. Pemerintah akan memenuhi kebutuhan komputer tersebut dalam waktu dua tahun.

Pada tahun ini, pemerintah melalui Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah mengadakan 560 unit dan sisanya dipenuhi tahun depan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah Kota Jogja Hari Setya Wacana mengatakan, pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp10 juta untuk pengadaan satu unit komputer.

“Barang yang dibutuhkan cukup banyak. Dimungkinkan lelang membutuhkan waktu lama karena barang harus didatangkan dari luar negeri,” katanya.

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áDalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…