Supermassive Black Hole (Engadget) Supermassive Black Hole (Engadget)
Senin, 11 April 2016 21:10 WIB Sains Share :

PENEMUAN BARU
Ditemukan, Lubang Raksasa 17 Miliar Kali Lebih Besar dari Matahari

Penemuan baru lubang raksasa berukuran 17 miliar kali lebih besar ketimbang matahari.

Solopos.com, SOLO – Astronom menyebut telah menemukan lubang hitam (black hole) raksasa di pusat galaksi bernama NGC 1600. Berukuran 17 miliar kali lebih besar ketimbang matahari, lubang hitam ini menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan astronom.

Sebagaimana dilansir Engadget, Minggu (10/4/2016), lubang hitam ini berlokasi di wilayah yang hanya dihuni 20 atau lebih galaksi. Lokasinya sejauh 200 juta tahun cahaya dari Bumi.

Menurut mereka, lubang hitam ini memiliki ukuran 17 miliar kali lipat lebih besar dibandingkan matahari. Bukan yang paling besar, mengingat astronom pernah menemukan lubang hitam dengan ukuran 21 miliar kali lipat lebih besar.

Temuan yang dinamakan Supermassive black hole ini memiliki berat 10 juta matahari biasanya ditemukan di pusat galaksi besar yang berada di wilayah padat. NASA mengatakan, temuan NGC 1600 seperti menemukan gedung pencakar langit di tengah-tengah kota kecil.

Sebuah studi yang mempelajari galaksi besar seperti dilansir Okezone dari Engadget, Senin (11/4/2016), Massive Survey menentukan ukuran lubang hitam ini diukur dari pergerakan bintang dalam pengaruhnya menggunakan teleskop Gemini Observatory di Hawaii dan Chile.

Pemimpin astronom, Chung-Pei Ma mengatakan, bintang-bintang bergerak cepat, di mana penjelasan yang memungkinkan ialah bintang tersebut dipengaruhi oleh sebuah wilayah dengan lubang hitam besar.

Lubang hitam tersebut masih menjadi misteri tentang bagaimana lubang hitam itu bisa berukuran besar. Kemungkinan lubang hitam itu muncul karena dua lubang hitam yang bergabung.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…